Langsung ke konten utama

Manfaat Sopan Santun di Sekolah, Masyarakat, dan dalam Kehidupan Sehari-hari

Baca Juga

Manfaat Sopan Santun di Sekolah, Masyarakat dan dalam Kehidupan Sehari-hari? Mengingat akan pentingnya sopan santun dalam kehidupan kita maka sangat penting untuk kita mengetahui contoh, pengertian dan manfaat dari sopan satun itu secara umum. Pertama-tama mari kita lihat penjelasan ini. Sopan santun adalah norma dari peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan antar individu maupun kelompok. Norma kesopanan mempunyai sifat relatif, artinya adalah apa yang kita anggap sebagai norma kesopanan akan berbeda-beda di berbagai lingkungan, tempat, atau waktu. Contoh dalam norma sopan santun adalah: Menghormati orang yang lebih tua dari kita. Berikut ini manfaat sopan santun di sekolah, masyarakat dan dalam kehidupan sehari-hari:

Manfaat Sopan Santun

1. Mudah Dipercaya oleh Orang Lain
Jika kita bisa bersopan santun terhadap orang lain maka manfaat yang didapat adalah kita lebih mudah untuk bisa dipercaya oleh orang lain. Misalnya kita selalu memperhatikan guru yang sedang mengajar, menghormati guru dan membantu teman kita yang kesulitan memahami pelajaran. Atau selalu memberi salam terhadap tetangga ketika berpapasan.

2. Selalu Dihargai, Dihormati dan Disenangi Banyak Orang
Dengan selalu menanamkan norma kesopanan kita akan mendapatkan penghargaan dari orang lain, disenangi dan dihormati oleh masyarakat. Misalnya kita berbicara menggunkan tata krama yang baik kepada guru disekolah maupun orang tua, dan selalu tersenyum ketika bertemu dengan orang lain. Sehingga akan membuat teman kita maupun yang lainnya menjadi dihargai dan di hormati.

3. Untuk Menjaga Hubungan Baik
Manusia sebagai makhluk sosial tidak akan bisa lepas dari peran yang lainnya, kita tidak bisa hidup sendiri dan tentunya bisa terjaganya hubungan baik antar sesama tidak bisa lepas dari peran norma kesopanan. Perselisihan pun bisa terselesaikan jika kita tidak egois dan memaksakan kehendak  sebagai individu dan bisa menghargai pendapat orang lain.

4. Mendapatkan Banyak Teman dan Dukungan
Orang lain akan mudah senang dan dekat jika kita berperilaku baik terhadapnya, seperti selalu menanyakan kabar mereka, tidak senang bergosip dan menjelek-jelekkan orang lain. Prilaku yang baik tentu akan mengundang banyak simpati dan dukungan terhadap kita. Sehingga ketika kita membutuhkan sesuatu pun akan banyak mendapatkan dukungan dan bantuan dari masyarakat. Inilah manfaat yang didapatkan jika kita selalu meu menanamkan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari.

5. Dijadikan Tauladan
Sifat yang baik seperti kesopanan akan mendatangkan ketauladanan bagi orang lain, norma sosial ini akan terbentuk jika pribadi kita memang sudah betul-betul menanamkan sifat ini dalam keseharian. Sehingga yang lain akan memandangnya sebagai tauladan yang harus di ikuti dan membuat kita menjadi contoh terbaik mereka untuk bersosialisai terhadap sesama.

Begitulah 5 manfaat sopan santun yang bisa kita dapatkan di sekolah, dimasyarakat maupun dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberi contoh yang baik untuk generasi penerus untuk selalu menanamkan norma kesopanan dalam kehidupannya.

Komentar