Langsung ke konten utama

Inilah Merk Minyak Zaitun Terbaik Untuk Rambut Kering dan Berketombe

Baca Juga

Beginisob - Sedikit pengalaman saya tentang penggunaan berbagai merk minyak zaitun untuk rambut. Awalnya keinginan menggunakan minyak zaitun untuk rambut muncul karena saya tau bahwa zaitun merupakan pohon yang diberkahi, dimana buah zaitun termaktub dalam Alquran Qs. An-Nuur Ayat 35. Minyak Zaitun sangat baik sekali untuk kesehatan, bisa untuk dikonsumsi, untuk kulit maupun rambut.

Jadi secara garis besar saya ingin mencoba memanfaatkan minyak zaitun ini sebagai terapi kesehatan tubuh, kulit dan rambut. Namun dalam artikel kali ini saya hanya akan fokus menceritakan pengalaman saya menggunakan minyak zaitun dari beberapa merk yang pernah saya beli dan pakai.

Problem pada "rambut saya" sangat banyak yaitu "berketombe, rontok, rambut rusak, dan gatal pada kulit kepala". Kebiasaan buruk yang saya lakukan adalah selalu  mengaruk-garuk kulit kepala dengan kuku sehingga kulit kepala menjadi iritasi, ketombe pun semakin banyak dan rasa gatal semakin hebat. Kerontokan pun tidak bisa dibendung karena selalu mengaruk-garuk rambut dan gonta ganti sampo. Kerusakan rambut yang saya alami membentuk tekstur bergerigi pada helai rambut, sehingga helaian rambut ketika di pegang terasa kasar.

Awal mula saya hanya menggunakan shampoo helden shoulders dan clear sebagai pencegahan terhadap ketombe. Hanya untuk menghilangkan rasa gatal yang berlebih pada kulit kepala, namun ketika saya pakai, selalu menimbulkan efek pusing pada kepala. Jadi sangat tidak nyaman untuk digunakan terlalu sering.

Lalu berlanjut kepengalaman saya menggunakan minyak zaitun. Merk Minyak Zaitun Untuk Rambut yang saya gunakan sangat beragam, Ada yang berbentuk shampoo dan juga yang masih berbentuk minyak asli tanpa campuran.

Sebelum saya membeli minyak zaitun saya sempat survey dulu tentang minyak zaitun yang bagus untuk digunakan. Ternyata tidak semudah yang saya bayangkan, karena minyak zaitun memiliki gred untuk menentukan kualitas dari minyak itu sendiri. Dan diperparahnya lagi, ternyata kebanyakan merk minyak zaitun yang beredar dipasaran adalah tidak asli atau sudah dicampur dengan minyak lain seperti minyak bunga matahari. Sangat miris memang, dunia kapitalis sudah banyak membutakan mata para pengusaha untuk menggeruk keuntungan dari perdagangan ini.

Sehingga saya banyak belajar tentang minyak zaitun, dari cita rasanya, tekstur, dan label.

Saya menemukan minyak zaitun yang menurut saya kualitasnya sangat terjamin keasliannya yaitu Merk Minyak Zaitun Olive Plus 30x Produksi Maroko. Produk ini banyak dijual di negara Malaysia. Sayangnya untuk memilikinya Anda harus merogoh kocek yang tidak sedikit, karena di Indonesia, tidak ada yang mengimpor merk tersebut. Jadi saya hanya bisa merekomendasikan kepada Anda, karena saya pun belum pernah mencobanya.

Merk Minyak Zaitun Untuk Rambut
Merk Minyak Zaitun Untuk Rambut
Jadi mau tidak mau saya harus beralih ke merk-merk yang sudah ada di pasaran indonesia dengan harga yang terjangkau, seperti:
  • Borges
  • Rafael Salgado
  • Bertolli
  • CASA DI OLIVA
  • Afra
  • Cobram Estate
  • dll
Untuk mendapatkan Minyak Zaitun Kualitas Terbaik, kamu harus memilih tipe dengan label EXTRA VIRGIN yaitu perasan pertama buah zaitun. Minyak zaitun sangat baik digunakan 1-2 bulan setelah tutup botolnya terbuka, dengan expired selama 2 tahun. Tidak menampatkan botol olive oil di lokasi yang bisa terpapar sinar matahari langsung.

Tidak semua merk yang saya cantumkan diatas itu murni dan asli minyak zaitun, karena diindonesia sendiri belum memiliki sertifikasi resmi untuk keaslian minyak zaitun yang masuk ke indosnesia. Berbeda sekali dengan Amerika, yang sudah sangat expert terhadap kepedualian minyak zaitun yang beredar dipasar mereka.

Jadi acuan saya pribadi untuk membeli produk ini hanya berdasarkan atas kejelasan dari perusahaan pembuatanya, seperti mencakup tempat dan proses produksinya. Hanya 2 merk yang saya temukan sangat jelas tempat dan proses produksinya yaitu Borges dan Cobram Estate.

Saya membeli Borges Extra Virgin Original (swalayan) dengan harga Rp 50 ribuan dan Cobram Estate Extra Virgin Classic Flavour (tokopedia) dengan harga Rp 70 ribuan. 

Yang pertama, Pengalaman saya menggunakan Borges dan Cobram terbialang unik, karena saya belum tau pasti cara penggunaannya terhadap rambut, jadi hanya berdasarkan feeling saja. Ada beberapa cara yang saya gunakan yaitu:
  • Menggunakan minyak habis mandi ( menggunakan air hangat dan dingin) tanpa keramas
  • Menggunakan minyak sebelum mandi keramas ( menggunakan air hangat dan dingin)
  • Menggunakan minyak sebelum mandi ( menggunakan air hangat dan dingin) tanpa keramas 
  • Menggunakan minyak setelah mandi keramas ( menggunakan air hangat dan dingin)
  • Menggunakan minyak sebelum mandi keramas ( menggunakan air hangat dan dingin) dan menggunakannya lagi seletah keramas.
Jadi setelah saya terapkan semua cara diatas, saya menemukan cara yang paling baik untuk "tipe rambut saya" yaitu Menggunakan minyak dari ujung rambut sampai kulit kepala dan memijit-minjit kulit kepala beberapa menit sebelum mandi keramas ( menggunakan air hangat) dan mengoles lagi sedikit minyak zaitun di daerah permukaan rambut seletah keramas. Langkah ini saya lakukan 2-3 hari sekali.

Untuk shampoo keramas pencuci rambut saya tidak lagi menggunakan sampo sebelumnya, namun saya sudah menganti samponya dengan merk shampoo Natur AZALEA anti Dandruff yang juga diperkaya olive oil (zaitun) dan citrus extract. Sampo ini sangat bagus untuk kulit kepala, meredam rasa gatal akibat ketombe, dan membuat rambut menjadi tidak lepek, aroma wangi yang tidak menyengat sangat cocok di padukan dengan aroma minyak zaitun.

Hasil yang saya dapatkan setelah percobaan diatas:
  • Rambut menjadi halus ( kualitas air juga mempengaruhi, air dengan kadar kaporit dan besi tinggi tidak bagus untuk kelembutan rambut. Gunakan air Aqua atau air isi ulang galon untuk kelembutan yang sempurna ^_^ )
  • Tidak lepek ( efek dari shampoo azalea )
  • Rasa gatal berkurang ( dilarang menggaruk kulit kepala dengan kuku. Jika terasa gatal sekali, pijit-pijit lah dengan jari ) 
  • Kepala tidak terasa pusing dan berat
  • Kerontokan berkurang ( gunakan sisir yang tidak terlalu rapat )
  • Aroma yang balance.
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bisa membantu Anda yang juga memiliki problem yang sama. Dan harus diingat, tidak semua tipe rambut menggunakan penanganan yang sama. Guanakan lah cara yang Anda rasa lebih bisa menangani problem rambut Anda, semoga bisa membantu.

Komentar