Langsung ke konten utama

SIM Keliling Jogja: Jadwal, Biaya, Syarat dan Langkah-langkah Perpanjang SIM

Baca Juga

Beginisob Saya ingin bercerita sedikit, pengalaman saya tentang cara perpanjang SIM A ( bisa juga untuk SIM C ).  SIM A yang saya miliki merupakan SIM keluaran bukan dari Provinsi JOGJA, yang sudah akan habis masa berlakunya ( tinggal 1 bulan lagi ). Yang saya tau sebelumnya bahwa untuk memperpanjang SIM tidak bisa diurus di provinsi yang berbeda. Namun ternyata setelah saya baca-baca, sekarang sudah tersedia SIM online keliling online yang bisa dimanfaatkan untuk perpanjang SIM khususnya untuk SIM luar daerah, namun bisa juga untuk yang domisili Yogyakarta. Setelah itu saya pun segera mencari SIM keliling terdekat di daerah tempat tinggal lewat Google Map.

Saya menemukan lokasi di Google Map yang bernama  SIM Keliling Polresta Yogyakarta, beralamatkan Jl. Kalisahak No.17, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55222. Kebetulan tempatnya tidak jauh dari lokasi tempat tinggal saya, jadi tidak ada masalah untuk menemukan SIM Kelilingnya.

SIM Keliling Polresta Yogyakarta
SIM Keliling Polresta Yogyakarta
Terlihat pada gambar diatas bahwa tempatnya bukan seperti kantor ya, jadi jangan sampai salah tempat. SIM keliling ini berbentuk MOBIL karena memang didesain khusus untuk bisa berpindah-pindah lokasi. Jadi sebelum kamu mau berkunjung, pastikan dulu kamu sudah tau jadwal dari SIM kelilingnya.

Untuk JADWAL SIM Keliling Polresta Yogyakarta di jl Kalisahak ini buka dari hari senin - sabtu, dari jam 9 pagi sampai selesai.

Syarat perpanjang SIM A / C :
  • Fotocopy KTP dan SIM 
  • Surat Keterangan Sehat ( Pembuatannya di lokasi SIM Keliling )
Biaya untuk perpanjang SIM A Rp 80.000, SIM C Rp 75.000 , Surat sehat (kurang lebih Rp 30.000)

Bagaimana Langkah-langkah Perpanjang SIM Keliling Jogja?

Kuota penerimaan perpanjang SIM setiap harinya di SIM Keliling Polresta Yogyakarta
di jl Kalisahak ini sangat terbatas (kurang lebih hanya 50 kuota/hari). Karena dilokasi selalu ramai pengujung maka sudah dipastikan setelah jam 9 kuota sudah habis.

Jadi sedikit cerita pengalaman saya di lokasi, dan sedikit perhitungan diatas, saya harus pergi sebelum jam 8 pagi, dan betul sekali setelah saya sampai, saya yang pertama ada di lokasi,hehe.

Saya awalnya bingung karena belum ada orang maupun Mobil SIM Keliling dilokasi, tapi setelah beberapa saat baru lah berdatangan orang lain, lalu dengan inisiatif mereka, kita mengumpulkan fotocopy KTP dan SIM secara berurutan, Untuk nantinya (sekitar jam 8 lebih) diberikan kepada petugas ( pengumpul berkas / pemberi kuota ) yang datang duluan sebelum Mobil SIM Keliling.

Lalu setelah mengumpulkan berkas, orang-orang mulai berjalan keseberang jalan, menuju klinik untuk tes kesehatan, Klinik ini memang sudah khusus untuk perpanjang SIM, dan kita tidak diperbolehkan untuk tes kesehatan selain di klinik yang telah ditentukan itu. Jadi banyak kasus, orang-orang pada datang dengan surat kesehatannya sendiri, namun di tolak karena tidak ditempat yang telah ditentukan.

Setelah selesai pembuatan surat sehat, saya pun kembali lagi kelokasi pengumpulan berkas dan mengumpulkan surat sehat yang sudah saya miliki kepada petugas.

Lalu selanjutnya menunggu mobil sim keliling datang kelokasi. Kalau tidak ada kendala mobil akan datang tepat waktu jam 9 pagi.

Setelah mobil sim keliling datang, petugas pengumpul berkas langsung memanggil satu persatu nama sesuai urutan berkas yang sudah terkumpul diawal tadi.

Seletah setia menunggu Panggilan, selanjutnya saya di foto, lalu menunggu SIM jadi.

Tidak lama setelah itu,.. SIM A Saya pun jadi... hmm.. cukup simple, cepat dan mudah.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang memiliki problem yang sama dalam pembuatan SIM di jogja, khususnya untuk SIM keluaran dari daerah lain. Karena tidak semua tempat bisa menerima perpanjangan SIM dari Provinsi lain, hanya SIM Keliling yang melayani fasilitas online ini.

Komentar