Langsung ke konten utama

Kacamata Anti Radiasi HP: Harga, Ciri, Manfaat dan Cara Membersihkan

Baca Juga

Kacamata Anti Radiasi HP

Sudah menjadi hal yang biasa bagi saya untuk berhadapan dengan laptop, komputer, TV, HP ( smartphone ), dan Gadget dalam waktu yang lama. Bayangkan saja dalam waktu satu hari saya bisa menghabiskan waktu 8 - 10 jam di depan layar. Mungkin orang-orang diluar sana ada yang lebih lama dari saya, dan ini bukan lagi menjadi hal yang aneh di kalangan pecinta gadget. Bahkan bagi pecinta gadget kalau selama satu jam saja tidak menyentuh HPnya maka terasa ada yang kurang seperti orang sedang kecanduan sesuatu. Inilah jaman teknologi yang semakin berkembang sehingga kita perlu memperhatikan dampak dari penggunaan alat-alat elektronik ini apalagi yang berhubungan dengan mata kita. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi membawa manfaat bagi kehidupan, namun disisi lain jika kita berlebihan dalam memanfaatkannya juga akan menimbulkan dampak negatif khususnya untuk mata. Kali ini saya akan membahas tentang Kacamata Anti Radiasi HP: Harga, Ciri, Manfaat dan Cara Membersihkan, simak penjelasan berikut ini.

Saya pribadi termasuk pengguna Kacamata Anti Radiasi HP, yang saya beli di optik jogja dekat dengan tempat tinggal. Awalnya saya tidak punya niat sama sekali untuk menggunakannya, namun beberapa hari terakhir ini kondisi mata saya agak sedikit berbeda, seperti cepat lelah, perih dan pusing ketika melihat hp dan laptop. Sehingga memaksa saya harus membeli kacamata anti radiasi ini dengan tujuan untuk melindungi mata saya dari radiasi sinar berbahaya yang ditimbulkan oleh Hp dan Laptop.

Kacamata Anti Radiasi HP

Karena saya belum paham tetang kaca mata yang harus saya beli, saya mencoba untuk mencari tau lebih dalam tentang Harga, Ciri, Manfaat dan Cara Membersihkan kacamata anti radiasi yang harus saya beli.

Ciri-ciri dan Jenis Kacamata Anti Radiasi

Agak sedikit membingungkan awalnya karena setelah saya teliti lebih lanjut ternyata jenis dari kacamata anti radiasi ini ada bermacam-macam. Berikut ini 3 jenis dan ciri-ciri dari kacamata anti radiasi.
  1. Kacamata Anti radiasi UV ( Ultra Violet ) ialah jenis kacamata yang dapat menghalau masuknya sinar ultraviolet yang riskan ke mata, sangat sesuai digunakan untuk kegiatan diluar ruangan (outdoor) . Di antara kacamata anti-UV yang beredar di pasaran, terdapat yang menunjukkan penjelasan “UV400”. Standar ini kesatu kali dipakai di Australia di mana sinar ultravioletnya paling kuat. Angka 400 mengindikasikan panjang gelombang yang berarti Anda dapat menghalau sinar ultraviolet dengan panjang gelombang sampai 400 nm (nanometer). Panjang gelombang sinar ultraviolet dikelompokkan menjadi tiga jenis, yakni UV-A (315 – 400 nm), UV-B (280 – 315 nm), dan UV-C (200 – 280 nm). Dengan kata lain, kacamata yang dapat menghalau sampai 400 nm mengindikasikan bahwa produk tersebut dapat digunakan untuk seluruh jenis sinar ultraviolet. Oleh sebab itu, bakal lebih baik andai Anda memilih kacamata anti-UV yang memiliki penjelasan UV400.
  2. Kacamata anti Sinar Biru / Blue light / BlueRay ialah jenis kacamata yang dapat menghalau radiasi sinar biru dari sekian banyak  alat elektronik laksana HP, Laptop, Monitor komputer, Tv dan Gadget yang paling berbahaya, sangat sesuai digunakan untuk mengayomi mata dari sinar yang di pancarkan dagangan elektronik. Perbedaan lensa anti radiasi UV standar dengan anti radiasi Blu ray merupakan, lensa anti radiasi standar masih dapat ditembus cahaya biru (bluray, panjang gelombang 405 nm). Mata insan hanya dapat melihat cahaya dengan panjang gelombang 400 nm-760 nm yang dinamakan Visible Light. Cahaya yang terlihat paling perlu oleh mata anda dalam proses penglihatan sampai-sampai kita dapat mengenali sekian banyak  warna benda. Sumber dapat dari sinar matahari langsung atau penyinaran buatan, laksana lampu neon, LED, layar komputer, ponsel pintar, tablet, monitor portabel dan sebagainya. Meski menawarkan tidak sedikit manfaat guna proses penglihatan, cahaya terlihat ternyata pun mempunyai efek samping yang merugikan, khususnya cahaya biru yang mempunyai panjang gelombang 415 nm – 455 nm.
  3. Kacamata anti UV / Fotogrey / Transitions ialah kacamata yang dapat menangkal 100% sinar matahari yang riskan seperti UVA & UVB. Perbedaan kacamata fotogrey dengan kacamata anti UV standar ialah cirinya lensanya bisa berubah dari lensa yang bening di ruang tertutup dan menjadi lensa yang gelap di ruangan terbuka. Sangat sesuai digunakan untuk kegiatan luar ruangan yang berhungan langsung dengan sinar matahari.
Setelah mengenal jenis dan ciri lensa dari kacamata anti radiasi ini,saya bisa menyimpulkan pilihan mana yang tepat untuk kondisi mata saya. Jadi saya memutuskan untuk membeli KacaMata dengan lensa Anti sinar biru / bluray.

Berikut ini vidio cara ngecek keaslian Kacamata Anti Radiasi HP / blue light / blue ray


Harga Kacamata Anti Radiasi HP

Masalah harga memang sangat menjadi pertimbangan kita dalam membeli kacamata, harga yang terlampau mahal akan membuat kita mengurungkan niat untuk membelinya, sedangkan jika harga yang terlalu murah juga perlu dikhawatirkan akan keaslian barang tersebut. Sehingga saya pribadi lebih memilih mencari TOKO OPTIK yang murah saja. Lebih aman dan terpercaya jika kita langsung membeli di Optik, karena bisa langsung tanya-tanya dan mengecek keaslian produk yang di pilih.
Untuk harga standar optik, kebanyakan harga kacamata anti radiasi hp di harga Rp. 300.000 keatas. Cukup mahal memang jika dibandingkan dengan harga online di tokopedia, shopee, bukalapak, lazada yang harganya sangat terjangkau, bahkan ada yang jual dibawah Rp 50.000. Tapi sekali lagi harga murah sangat beresiko mendapatkan kualitas yang jelek bahkan ada juga yang palsu.

Cara yang saya gunakan untuk mendapatkan optik yang murah adalah dengan searching di google maupun google map. Misalnya dengan kata kunci: "kacamata anti radiasi murah jogja", nanti akan muncul banyak pilihan, pilih yang paling murah dan menghubungi satu-satu optik yang ada.

Dari hasil temuan diatas saya mendapatkan optik dekat rumah yang murah dengan harga Rp 150.000, saya sempat tidak percaya.. tapi setelah saya kesana dan membuktikan sendiri akhirnya saya tidak ragu lagi untuk membelinya. Jika kamu tidak menemukan optik dengan harga yang murah, saya juga siap membantu kamu untuk memiliki kacamata anti radiasi hp, hubungi via whatsapp (WA) , klik tombol dibawah ini


Manfaat Kacamata Anti Radiasi HP

Kalo secara teknis, manfaat kacamata anti radiasi hp ini adalah menghalagi sinar radiasi hp dan gadget lainnya yang berbahaya untuk mata. Walau pada dasarnya HP dan Laptop teknologi terbaru sudah memiliki layar yang sudah bagus dalam memproteksi radiasi ini tapi kita juga harus peka jika sudah ada yang tidak beres dengan mata, misalnya sudah timbul perih dimata, suka berair, cepat lelah dan lain-lain.

Dari pengalaman saya sendiri sebagai pemakai, saya merasa biasa saja, hehe.. malah agak pusing karena faktor utamanya adalah saya tidak terbiasa menggunakan kacamata. Tapi kalo dilihat lebih dalam ternyata ada perubahan sedikit, saya merasa lebih nyaman karena cahaya dari HP, laptop dan alat elektronik lainnya tidak terlalu menyilaukan mata, akibat nya mata tidak terlalu sakit.

Cara Membersihkan Kacamata Anti Radiasi HP

Cara membersihkan kacamata ini tidak jauh berbeda dengan kacamata pada umumnya, tidak ada perlakuan istimewa, tapi jika kamu memang ingin merawatnya dengan baik maka ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan. 
  • Bilas dulu lensa kacamata dengan air mengalir. Apabila tidak terdapat sumber air bersih, semprotkan cairan pembersih kacamata dengan jumlah yang lebih banyak. Tujuannya supaya debu-debu yang menempel bisa terbilas.
  • Guncang-guncang enteng kacamata kita untk mengeringkan air dan periksa kesucian lensa.
  • Keringkan dengan kain katun atau dapat pun menggunakan kain mikrofiber yang tidak sedikit dijual di toko-toko kacamata.
  • Jangan tak sempat untuk mencuci kain mikrofiber kita secara rutin supaya debu yang menempel pada kain tidak menggores lensa kacamata Anda.
Begitulah pembahasan kali ini tentang Kacamata Anti Radiasi HP: Harga, Ciri, Manfaat dan Cara Membersihkannya, semoga bisa bermanfaat untuk kamu semua yang memiliki problem yang sama. Gunakanlah kacamata yang sesuai dengan kebutuhan mu, dan periksakan penyakit mata anda ke dokter atau kepada ahlinya, dan hati-hati dengan produk palsu. Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini kepada teman kamu yang juga memiliki problem yang sama, sampai jumpa lagi di postingan berikutnya.


Komentar