Langsung ke konten utama

Apa yang menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal?

Baca Juga

Apa yang menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal? - Hallo para pelajar yang berbahagia, Beginisob pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan Apa yang menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal?. Materi yang akan kami bagikan ini merupakan pelajaran IPA, cukup menarik bukan? Jika iya, mari kita lanjut!.

Judul pembahasan kali ini adalah Apa yang menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal? yang bisa kamu pelajari disini Apa yang menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal?. Kamu juga bisa mendapatkan materi pelajaran menarik lainnya yang tidak kalah bermanfaatnya disini.

Pernahkah kamu mendengar adanya penderita sakit ginjal dan mengalami cuci darah? Perhatikan gambar di bawah ini!

Apa yang menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal?

Gambar di atas menunjukkan proses cuci darah (hemodialisis) pada penderita gagal ginjal. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber dan jawablah pertanyaan berikut.

Apa yang menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal?

Apa yang menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal? Penyebab seseorang harus menjalani cuci darah (hemodilisis) adalah karena seseorang tersebut mengalami gagal ginjal. Salah satu penyebab meningkatnya angka kejadian penyakit gagal ginjal adalah pola hidup dan pola makan masyarakat yang berubah seperti banyak mengkonsumsi makanan berkadar lemak tinggi dan berkolesterol.

Penyebabnya lain bisa bermacam-macam, di antaranya diabetes melitus, komplikasi dari diabetes mellitus, hipertensi, dan juga karena infeksi, konsumsi obat-obatan dan mengkonsumsi minuman keras yang dioplos dengan minuman suplemen. Hal ini lah yang menyebabkan ginjal mengalami kerusakan sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik dalam menyaring darah.

Materi Bab 8 Sistem Ekskresi Kelas 08 SMP IPA Semester 2, Cetakan ke-1 2014

Komentar