Langsung ke konten utama

Apakah proses pemantulan bunyi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kita? Jelaskan jawabannya disertai contoh.

Baca Juga

Apakah proses pemantulan bunyi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kita? - Hallo para pelajar yang berbahagia, Beginisob pada kesempatan kali ini kami akan Jelaskan jawabannya disertai contoh. Materi yang akan kami bagikan ini merupakan pelajaran IPA, cukup menarik bukan? Jika iya, mari kita lanjut!.

Judul pembahasan kali ini adalah Apakah proses pemantulan bunyi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kita? yang bisa kamu pelajari disini Apakah proses pemantulan bunyi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kita?. Kamu juga bisa mendapatkan materi pelajaran menarik lainnya yang tidak kalah bermanfaatnya disini.

Apakah proses pemantulan bunyi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kita? Jelaskan jawaban kamu disertai contoh

Apabila kita menjatuhkan benda keras (misalnya batu atau besi) ke lantai, maka timbul bunyi. Apakah proses pemantulan bunyi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kita? Jelaskan jawaban kamu disertai contoh.

Sifat bunyi yang dapat dipantulkan dapat dimanfaatkan untuk mengukur kedalaman air, mencari reruntuhan kapal, mencari lokasi yang banyak ikannya, dan mengukur panjang lorong gua. Untuk mengukur kedalaman laut, dilakukan dengan cara memancarkan bunyi ke dasar laut. Di dasar kapal diberi detector untuk mendeteksi bunyi pantul yang dipancarkan dari dasar laut.

Dengan mengukur waktu yang diperlukan sejak bunyi dipancarkan sampai ditangkap detektor, maka kedalaman laut dapat ditentukan. Untuk mengukur kedalaman suatu gua yang belum pernah dijamah manusia, dapat dilakukan dengan menggunakan gelombang bunyi.

Gelombang bunyi tersebut dipancarkan dari mulut gua kemudian gelombang tersebut akan dipantulkan jika mengenai dinding gua. Dengan mengukur waktu yang diperlukan gelombang kembali ke pengirim dapat ditentukan panjang goa tersebut.

Materi BAB 9 Indera Pendengaran dan Sistem Sonar Pada Makhluk Hidup Kelas 08 SMP IPA Semester 2, Cetakan ke-1 2014

Komentar