Langsung ke konten utama

Seorang ibu membeli sayur kangkung di pasar. Sesampainya di rumah, sayurannya terlihat layu. Ibu tersebut merendam akar sayuran di air. Ternyata sayuran tersebut tampak segar kembali

Baca Juga

Seorang ibu membeli sayur kangkung di pasar. Sesampainya di rumah, sayurannya terlihat layu. Ibu tersebut merendam akar sayuran di air. Ternyata sayuran tersebut tampak segar kembali - Hallo para pelajar yang berbahagia, Beginisob pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan peristiwa yang terjadi dan mengapa bisa terjadi dan apa yang terjadi jika tumbuhan tersebut tidak memiliki akar. Kami telah mempersiapkan jawaban terbaik untuk kamu baca dan ketahui. Materi yang akan kami bagikan ini merupakan pelajaran IPA, cukup menarik bukan? Jika iya, mari kita lanjut!.

Judul pembahasan kali ini adalah Seorang ibu membeli sayur kangkung di pasar. Sesampainya di rumah, sayurannya terlihat layu. Ibu tersebut merendam akar sayuran di air. Ternyata sayuran tersebut tampak segar kembali yang bisa kamu pelajari disini Seorang ibu membeli sayur kangkung di pasar. Sesampainya di rumah, sayurannya terlihat layu. Ibu tersebut merendam akar sayuran di air. Ternyata sayuran tersebut tampak segar kembali. Kamu juga bisa mendapatkan materi pelajaran menarik lainnya yang tidak kalah bermanfaatnya disini.

a. Peristiwa apakah yang terjadi dalam cerita di atas? 

Peristiwa apakah yang terjadi dalam cerita di atas? Peristiwa yang terjadi adalah pengangkutan air melalui jaringan pengangkut (xylem).

b. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? 

Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Sayuran tampak segar kembali setelah akarnya direndam dalam air. Hal ini disebabkan karena air berdifusi masuk ke dalam sel-sel akar kemudian masuk ke dalam pembuluh xilem. Pembuluh xilem ini berperan dalam pengangkutan air dan mineral dari akar menuju daun sehingga merupakan sebuah jaringan pembuluh yang saling berhubungan dan dapat ditemukan pada seluruh bagian tumbuhan mulai dari akar, batang dan daun tumbuhan. Sehingga sayuran yang tadinya terlihat layu karena kekurangan air kembali menjadi segar karena mendapat suplai air.

c. Apa yang terjadi jika seandainya tumbuhan tersebut tidak memiliki akar dan tetap direndam?

Apa yang terjadi jika seandainya tumbuhan tersebut tidak memiliki akar dan tetap direndam? Jika tumbuhan tersebut tidak memiliki akar, maka, proses pengangkutan air akan tetap berlangsung. Karena pembuluh xilem ini merupakan sebuah jaringan pembuluh yang saling berhubungan dan dapat ditemukan pada seluruh bagian tumbuhan termasuk batang. Sehingga air akan berdifusi secara langsung ke dalam pembuluh xilem pada batang.

Materi Bab 7 Sistem Transportasi dan Sistem Respirasi Kelas 08 SMP IPA Semester 2, Cetakan ke-1 2014

Komentar