Langsung ke konten utama

Dampak penggunaan Pendingin seperti AC dan Lemari Es

Baca Juga

Konsentrasi ozon di atmosfer berubah-ubah setiap waktu. Salah satu faktor yang memengaruhi konsentrasi ozon adanya gas Chloroflourocarbon (CFC) berasal dari pendingin lemari es, air conditioner (AC), dan parfum. CFC mampu memecah molekul ozon yang ada di atmosfer. CFC terdiri atas atom carbon (C), Fluor (F), dan Klorin (Cl). Kandungan klorin dari CFC dapat memecah molekul ozon seperti Gambar berikut.
Proses pemecahan molekul ozon oleh CFC
Proses pemecahan molekul ozon oleh CFC

Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es

Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es? Dampak yang ditimbulkan adalah rusaknya Lapisan Ozon, CFC merupakan senyawa yang sering digunakan dalam produk-produk pendingin ( freezer, AC) dan aerosol. Ketika CFC terurai di atmosfer, maka akan memicu reaksi dengan oksigen penyusun ozon.

Dengan demikian, ozon akan terurai yang menyebabkan lapisan ozon berlubang. Padahal lapisan ozon berfungsi sebagai pelindung Bumi dari panas yang dipancarkan oleh Matahari. Sinar UV yang dihasilkan oleh Matahari dapat memicu kanker, dengan adanya ozon, masuknya sinar UV ini akan diredam sehingga dampak yang ditimbulkan lebih sedikit. Sayangnya, pemanasan global yang kini terjadi salah satunya diakibatkan oleh rusaknya lapisan ozon. Pada saat ini CFC untuk pendingin dan aerosol telah diganti dengan bahan lain yang ramah lingkungan.

Materi Kelas 07 SMP Ilmu Pengetahuan Alam Semester 2 2017

Komentar