Langsung ke konten utama

Hubungan antara Konversi Hutan dengan Pemanasan Global

Baca Juga

Hubungan antara Konversi Hutan dengan Pemanasan Global - Hallo para pelajar yang berbahagia, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang hubungan dari konversi hutan terhadap dampak dari pemanasan global, kami telah mempersiapkan jawaban terbaik untuk kamu baca dan ketahui. Materi yang akan kami bagikan ini merupakan pelajaran IPA, cukup menarik bukan? Jika iya, mari kita lanjut!. Kamu juga bisa mendapatkan materi pelajaran menarik lainnya yang tidak kalah bermanfaatnya disini.

Jelaskan hubungan antara konversi hutan dengan pemanasan global

Jelaskan hubungan antara konversi hutan dengan pemanasan global?

Kunci Jawaban 

Hubungan konversi hutan dengan pemanasan global, sebenarnya pembalakan hutan terlanjutkan tidaklah merugikan pemanasan global. Karena terdapat bahan awet yang dihasilkan dari kayu berupa karbon sehingga pembalakan yang menghasilkan bahan awet berguna mengurangi kadar karbon dalam atmosfer. Apabila hutan alam dikonversikan menjadi hutan tanaman industri (HTI) dengan jenis pohon yang tumbuh cepat, maka karbon yang tersimpan dalam HTI pada kondisi steady state lebih kecil daripada karbon yang tersimpan dalam hutan.

Oleh karena itu, cara ini merugikan dari segi pemanasan global. Akan tetapi, jika HTI dibangun dari hutan belukar dan dari padang rumput, maka kandungan karbon dari HTI pada kondisi steady state akan lebih tinggi daripada hutan belukar dan padang rumput sehingga menguntungkan dari segi pemanasan global. Lebih menguntungkan lagi apabila reboisasi dilakukan untuk merehabilitasi hutan alam yang telah rusak.

Materi Pamanasan Global Kelas 07 SMP Ilmu Pengetahuan Alam IPA Semester 2 2017

Komentar