Langsung ke konten utama

Mengapa penderita gagal ginjal menjalani cuci darah?

Baca Juga

Mengapa penderita gagal ginjal menjalani cuci darah? - Hallo para pelajar yang berbahagia, Beginisob pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan Mengapa penderita gagal ginjal menjalani cuci darah?. Materi yang akan kami bagikan ini merupakan pelajaran IPA, cukup menarik bukan? Jika iya, mari kita lanjut!.

Judul pembahasan kali ini adalah Mengapa penderita gagal ginjal menjalani cuci darah? yang bisa kamu pelajari disini Mengapa penderita gagal ginjal menjalani cuci darah? . Kamu juga bisa mendapatkan materi pelajaran menarik lainnya yang tidak kalah bermanfaatnya disini.

Pernahkah kamu mendengar adanya penderita sakit ginjal dan mengalami cuci darah? Perhatikan gambar di bawah ini!

Mengapa penderita gagal ginjal menjalani cuci darah?

Gambar di atas menunjukkan proses cuci darah (hemodialisis) pada penderita gagal ginjal. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber dan jawablah pertanyaan berikut.

Mengapa penderita gagal ginjal menjalani cuci darah? 

Mengapa penderita gagal ginjal menjalani cuci darah? Bagian yang berperan sebagai ginjal buatan adalah hemodializer. Di dalamnya terdapat tabung-tabung dengan dinding semi permiabel untuk melewatkan darah. Di luar tabung-tabung tersebut terdapat cairan dialisat yang merupakan cairan kimia yang menyerupai darah bersih tetapi tanpa sel-sel darah sehingga berbeda konsentrasinya dengan darah.

Materi Bab 8 Sistem Ekskresi Kelas 08 SMP IPA Semester 2, Cetakan ke-1 2014

Komentar