Langsung ke konten utama

Inilah penyebab kesalahan memperkirakan kedalaman kolam ketika dilihat dari atas permukaan air

Baca Juga

Inilah penyebab kesalahan memperkirakan kedalaman kolam ketika dilihat dari atas permukaan air - Hallo para pelajar yang berbahagia, Beginisob pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan penyebab kesalahan memperkirakan kedalaman kolam air. Materi yang akan kami bagikan ini merupakan pelajaran IPA, cukup menarik bukan? Jika iya, mari kita lanjut!.

Judul pembahasan kali ini adalah Inilah penyebab kesalahan memperkirakan kedalaman kolam ketika dilihat dari atas permukaan air yang bisa kamu pelajari disini Inilah penyebab kesalahan memperkirakan kedalaman kolam ketika dilihat dari atas permukaan air. Kamu juga bisa mendapatkan materi pelajaran menarik lainnya yang tidak kalah bermanfaatnya disini.

Inilah penyebab kesalahan memperkirakan kedalaman kolam ketika dilihat dari atas permukaan air

Inilah salah satu penyebabnya adalah kesalahan memperkirakan kedalaman kolam ketika dilihat dari atas permukaan air kolam. Peristiwa yang terjadi adalah Pembiasan: Jika cahaya yang merambat pada suatu medium berpindah ke medium yang lain, maka pada batas kedua medium tersebut akan terjadi pembiasan atau pembelokan arah.

Hal ini disebabkan karena kecepatan cahaya dalam kedua medium tersebut tidak sama. Semakin besar kerapatan suatu medium, makin kecil kecepatan cahaya yang melewatinya. Dasar kolam tampak dangkal karena sinar datang yang berasal dari dasar kolam dibiaskan menjauhi garis normal.

Yang kita lihat sebagai dasar kolam adalah bayangan dari dasar kolam tersebut, bukan dasar kolam yang sebenarnya.

Materi Bab 10 Indera Penglihatan dan Alat Optik Kelas 08 SMP IPA Semester 2, Cetakan ke-1 2014

Komentar