Langsung ke konten utama

Mengapa tumpahan minyak di sungai dan laut dapat membahayakan lingkungan? Ini Penjelasannya

Baca Juga

Mengapa tumpahan minyak di sungai dan laut dapat membahayakan lingkungan?  - Hallo para pelajar yang berbahagia, Beginisob pada kesempatan kali ini kami akan Jelaskan mengapa tumpahan minyak di sungai dan laut dapat membahayakan lingkungan!. Materi yang akan kami bagikan ini merupakan pelajaran IPA, cukup menarik bukan? Jika iya, mari kita lanjut!.

Judul pembahasan kali ini adalah Mengapa tumpahan minyak di sungai dan laut dapat membahayakan lingkungan?  yang bisa kamu pelajari disini Mengapa tumpahan minyak di sungai dan laut dapat membahayakan lingkungan?. Kamu juga bisa mendapatkan materi pelajaran menarik lainnya yang tidak kalah bermanfaatnya disini.

Mengapa tumpahan minyak di sungai dan laut dapat membahayakan lingkungan? ini penjelasannya

Jelaskan mengapa tumpahan minyak di sungai dan laut dapat membahayakan lingkungan! Tumpahan minyak dapat membahayakan lingkungan karena beberapa hal.
  • Menyebabkan kematian pada berbagai macam organisme laut, seperti ikan, kepiting, udang, dll. 
  • Lapisan minyak akan menghalangi pertukaran gas dari atmosfer sehingga dapat menyebabkan jumlah oksigen yang terlarut di dalam air hanya sedikit. Berkurangnya jumlah oksigen yang ter larut di dalam air dapat mengganggu kehidupan organisme laut. Lapisan minyak yang tergenang juga akan dapat menempel pada permukaan daun rumput laut serta tumbuhan laut lainnya se hingga mengganggu proses respirasi (pernapasan tumbuhan) serta fotosintesis. 
  • Lapisan minyak yang terbentuk di permukaan laut akan dapat menutupi akar mangrove, sehingga proses pertukaran antara O2 dan CO2 pada akar mangrove berkurang. Pada waktu yang lama, kondisi ini akan dapat menyebabkan akar mangrove busuk dan kemudian menyebabkan kematian pada tumbuhan mangrove.
  • Dapat menyebabkan rusaknya ekosistem terumbu karang. Apabila minyak yang ada di permukaan air menempel di terumbu karang, maka akan dapat menyebabkan kematian pada terumbu karang.
Materi Bab 3 Kependudukan dan Lingkungan Kelas 09 SMP Ilmu Pengetahuan Alam Semester 1. Cetakan Ke-1, 2015

Komentar