Langsung ke konten utama

Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama?

Baca Juga

Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? - Hallo para pelajar yang berbahagia, Beginisob pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama?. Materi yang akan kami bagikan ini merupakan pelajaran IPA, cukup menarik bukan? Jika iya, mari kita lanjut!.

Judul pembahasan kali ini adalah Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? yang bisa kamu pelajari disini Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama?. Kamu juga bisa mendapatkan materi pelajaran menarik lainnya yang tidak kalah bermanfaatnya disini.

Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama?

Perhatikan susunan tanah pada botol berikut ini!

susunan tanah pada botol
susunan tanah pada botol
Jika kedua botol itu ditanami tumbuhan dengan jumlah yang sama dan ketersediaan air yang sama. Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Uraikan alasanmu!

Botol A karena susunannya tepat, lapisan teratas merupakan lapisan lempung yang terdiri dari campuran tanah liat, pasir, dan bebatuan se hingga aerasi cukup baik untuk akar tumbuhan. Tanah lempung juga meru pakan tanah yang mampu menahan air dan nutrisi yang cukup untuk tumbuhan. Lapisan kedua merupakan tanah pasir, yang memiliki ukuran partikel besar sehingga dapat menyediakan udara yang cukup untuk akar tanaman dan menjaga agar akat tidak membusuk. Lapisan terakhir adalah tanah liat yang memiliki sifat padat, sulit ditembus air se hingga keberadaan air dalam botol bisa terjaga dalam waktu yang cukup lama.

Pada botol B, lapisan teratas adalah tanah liat dengan karakteristik tanah liat yang sulit ditembus air maka aerasi untuk akar tanaman kurang baik sehingga memungkinkan akar tanaman busuk.

Materi Bab 10 Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan Kelas 09 SMP Ilmu Pengetahuan Alam Semester 1. Cetakan Ke-1, 2015

Komentar