Langsung ke konten utama

Media Tanam Aglaonema yang Bagus untuk Pertumbuhan dan Mencegah Pembusukan Akar

Aglaonema

Tanaman aglaonema unggul karena sosok dan corak daunnya yang indah. Pada dasarnya, aglaonema memiliki sifat mudah beradaptasi. Oleh karenanya, memelihara aglaonema tidak terlalu sulit, asalkan dirawat dengan benar. Namun, untuk mendapat hasil yang optimal tetap harus didukung oleh faktor-faktor lingkungan, seperti cahaya, kelembapan, suhu, dan sirkulasi udara yang sesuai dengan kebutuhannya.

Media tanam terbaik untuk tanaman aglaonema

Di habitat aslinya, aglaonema dapat dijumpai di hutan-hutan dataran rendah dengan ketinggian maksimum 600 m dpl. Namun, pertumbuhan yang optimal terjadi jika tanaman aglaonema berada pada ketinggian 300-400 m dpl pun. Tanaman ini dapat tumbuh subur di tempat-tempat yang pencahayaannya terbatas, sekitar 10-30%, misalnya di bawah naungan pohon-pohon besar. Sifat aglaonema yang sangat tahan dengan pencahayaan minimal seperti dalam ruangan menyebabkan tanaman ini lebih populer sebagai indoor plant. Sinar matahari yang terlalu terik dapat membuat daun pucat, bahkan sampai mengalami nekrosis (kondisi daun seperti terbakar). Berkaitan dengan suhu, aglaonema memiliki kemampuan beradaptasi dengan baik. Namun, penentuan suhu optimal sebaiknya disesuaikan dengan kondisi hari. Pada siang hari, sebaiknya suhu optimal yang harus dipertahankan berkisar 28-30 °C, sedangkan pada malam hari berkisar 20-22°C.

1. Syarat media tanam

Untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal, aglaonema menyukai media tanam yang gembur dan porous dengan kelembaban udara berkisar 50-60%. Selain itu, media tanam tersebut harus didukung dengan sistem drainase dan sirkulasi udara yang baik. Media tanam yang terlalu basah dan tergenang dapat menyebabkan terjadinya pembusukan pada akar. Untuk menjaga kelembapan tetap baik, sebaiknya tanaman tidak diletakkan di lokasi yang terkena sinar matahari langsung.

2. Jenis media tanam

Ada beberapa media yang dapat digunakan untuk menanam aglaonema, yakni sekam bakar, coco peat, dan pakis. Bahan lain yang dapat dicampurkan antara lain pupuk kandang, kompos, humus, dan pasir dengan porsi kecil. Pupuk kandang, humus, dan kompos berguna sebagai tambahan unsur hara.

3. Formula

Beberapa formula media tanam yang bisa digunakan untuk aglaonema sebagai berikut.

Komposisi media tanam aglaonema

Salah satu formula media tanam aglaonema. Terdiri dari coco peat, sekam bakar, dan pasir dengan perbandingan 4:4:2.

Komentar

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved