Langsung ke konten utama

Organ penyusun Sistem Pernapasan pada Manusia beserta Fungsinya

Baca Juga

Dapatkah kamu menyebutkan apa saja organ yang menyusun sistem pernapasan manusia? Sistem pernapasan manusia tersusun atas hidung, faring (tekak), laring (ruang suara), trakea (tenggorokan), bronkus, dan paru-paru. Organ penyusun sistem pernapasan tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan struktur maupun fungsinya.

Organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya

Bernapas merupakan proses memasukkan gas oksigen (O2 ) ke dalam tubuh dan mengeluarkan gas karbondioksida (gas sisa pembakaran) ke luar tubuh manusia.

Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya? Organ-organ yang berperan dalam sistem respirasi adalah sebagai berikut.

Sistem Pernapasan pada Manusia
Sistem Pernapasan pada Manusia


1. Hidung 

Rongga hidung merupakan organ pernapasan yang langsung berhubungan dengan udara. Pertama kali, udara pernapasan masuk ke rongga hidung. Rongga hidung dilengkapi dengan bulu-bulu hidung, indra pembau, selaput lendir, dan konka.
  • Rambut-rambut hidung, berfungsi untuk menyaring partikel debu atau kotoran yang masuk bersama udara. 
  • Indra pembau, membuat hidung dapat mencium bau yang terdapat di sekitar kita. 
  • Selaput lendir, berfungsi untuk memerangkap benda asing yang masuk terhirup saat bernafas. 
  • Konka mempunyai banyak kapiler darah. Kapiler darah ini berfungsi untuk menyamakan suhu yang terhirup dari luar dengan suhu tubuh atau menghangatkan udara yang masuk ke paru-paru. 

2. Pangkal Tenggorok (Faring) 

Udara yang hangat dan lembab dari rongga hidung selanjutnya masuk ke faring. Faring merupakan hulu kerongkongan yang merupakan percabangan dua saluran, yaitu saluran pernapasan (nasofarings) pada bagian depan dan saluran pencernaan (orofarings) pada bagian belakang.

3. Batang Tenggorok (Trakea) 

Udara yang telah masuk ke saluran pernapasan (nasofaring) selanjutnya masuk ke batang tenggorok (trakea). Fungsinya, untuk menyediakan tempat bagi udara yang dibawa masuk dan udara yang dikeluarkan.

4. Cabang Batang Tenggorok (Bronkus) 

Udara yang telah masuk ke trakea selanjutnya masuk ke bronkus. Saluran ini menghubungkan antara trakea dengan paru-paru.

5. Anak Cabang Batang Tenggorok (Bronkiolus) 

Bronkiolus merupakan percabangan dari bronkus. Jadi udara dari bronkus, selanjutnya masuk ke bronkiolus.

6. Paru-paru (Pulmo) 

Selanjutnya udara pernapasan masuk ke dalam paru-paru. Pada paru-paru terdapat alveolus. Pada alveolus ini terjadi pertukaran (difusi) antara oksigen denga karbondioksida.

Materi Kelas 08 SMP Ilmu Pengetahuan Alam IPA S2 2017

Komentar