Skip to main content

Contoh Usaha Agraris dan Ekstraktif beserta Pengertiannya

Contoh Usaha Agraris dan Ekstraktif beserta Penjelasan lengkapnya Indonesia merupakan sebuah negara yang terkenal dengan negara agraris. Nama ini disematkan karena memang sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari kawasan agraris. Hal ini juga yang menjadikan Indinesia menjadi negara yang kaya akan rempah rempah dan sumber daya alam lainnya, selain itu tanah di Indonesia cocok untuk semua jenis tanaman dan cuaca serta suhunya pun merupakan yang terbaik bagi ekosistem atau makhluk hidup.

Selanjutnya kita akan membahas satu persatu mengenai bentuk-bentuk dari badan usaha agrarsi dan ekstraktif.

Pengertian dan Contoh Usaha Agraris

Badan usaha agraris adalah badan usaha yang kegiatannya dengan memanfaatkan bantuan alam atau segala kegiatan yang berkaitan dengan pertanian. Perusahaan agraris mengelola tanah dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk memperoleh hasil.

Berikut ini contoh usaha agraris

Contoh usaha agraris

1. Badan Usaha di Bidang Pertanian

Peluang usaha pertanian tak hanya ada di desa-desa. Kamu yang memiliki rumah di daerah kota pun dapat memanfaatkan pekarangan rumah, lho! Punya lahan dan modal yang cukup salah satu poin utama untuk memulai usaha pertanian di rumah. Apa saja usahanya?

Saat ini peluang usaha pertanian sudah semakin bersinar. Usaha pertanian kini sangat menguntungkan karena menangani langsung kebutuhan paling dasar manusia yaitu, memproduksi bahan pangan. Itulah salah satu alasan kenapa peluang usaha pertanian sangat menjanjikan di masa depan. Jika kamu memiliki pekarangan yang luas ataupun sempit. Kamu bisa lho membuat pekaranganmu jadi sumber keuntungan.

2. Badan Usaha di Bidang Perkebunan

Memiliki usaha di era serba teknologi seperti sekarang bukanlah hal sulit. Jika kurang ilmu dan informasi, ada internet yang dapat membantu kita mempelajari banyak hal baru. Tidak heran jika beberapa dekade belakangan banyak sekali muncul industri-industri kreatif baru yang mencoba peruntungan mereka di dunia bisnis.

Salah satu yang cukup menarik perhatian dan minat adalah bisnis perkebunan. Meskipun banyak yang menganggap bisnis ini cukup beresiko terutama soal pemasarannya, tetapi jika dijalankan dengan baik dan kreatif bukan tidak mungkin keuntungan yang didapat berlipat ganda.

Jika tertarik untuk terjun di dunia agrobisnis, jangan ragu. Agar bisa bertahan dan mendapatkan keuntungan maksimal, ada beberapa contoh usaha perkebunan kreatif sebagai inspirasi.

3. Badan Usaha di Bidang Peternakan

Bersyukurlah kita hidup di Indonesia, karena negara kita kaya akan sumber daya alam hayati, mulai dari berbagai jenis hewan sampai banyak tumbuhan yang hidup di Nusantara ini. Untuk memulai usaha peternakan tidak melulu mengeluarkan modal besar dan lahan untuk kandang yang luas, karena kita juga bisa memanfaatkan lahan yang kecil dengan modal yang murah untuk memulai usaha ternak. Kita bisa menggunakan lahan di belakang rumah atau di pekarangan untuk memulainya.

4. Badan Usaha di Bidang Perikanan 

Menurut UU nomor 11 tahun 2019 tentang perikanan, Usaha Perikanan merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan. Sistem bisnis perikanan meliputi kegiatan praproduksi, produksi, pascaproduksi, pengolahan, dan pemasaran. Contoh dari usaha perikanan budidaya ini antara lain meliputi budidaya ikan lele, budidaya ikan nila, budidaya ikan gurami, budidaya ikan patin, budidaya ikan hias serta masih banyak lagi. Bidang usaha yang satu ini juga dinilai cukup terjangkau karena hanya membutuhkan media budidaya untuk mengembangkan bibit ikan.

5. Badan Usaha di Bidang Kelautan

Perekonomian kelautan mencakup berbagai bidang perdagangan dan industri yang terkait dengan pertukaran perdagangan internasional melalui laut, yang dilakukan di wilayah operasi pelabuhan laut dan sungai (pelayaran laut, industri pelabuhan, penangkapan ikan laut, pengiriman pedalaman, laut dan perairan pedalaman administrasi, pendidikan maritim, kegiatan akademik dan ilmiah dll seperti masalah ekonomi maritim di indonesia. Pengembangan lebih lanjut dari fungsi ini tergantung pada perubahan kondisi baik di lingkungan pelabuhan (internasional dan nasional) dan di dalam sistem port.

6. Badan Usaha di Bidang Perdagangan

Usaha dagang terbaru menjadi banyak incaran masyarakat yang memiliki jiwa pebisnis supaya bisa mengembangkan bisnis melalui peluang yang ada di lingkungan sekitar. Saat ini menekuni usaha dagang memang menjadi salah satu usaha yang paling menguntungkan, karena selain mudah dipelajari, ternyata modal yang dikeluarkan pun juga bisa tidak terlalu besar.

Meskipun kebanyakan pelaku dagang dengan jiwa pebisnis akan tertarik untuk menjalankan bisnis ini, namun bukan berarti pemula tidak memiliki kesempatan untuk mengisi peluang bisnis tersebut. Bagi para pemula tidak perlu merasa takut terhadap persaingan yang harus dihadapi pada saat hendak menjalankan usaha dagang karena ada banyak sekali jenis usaha dagang yang bisa dijalankan dengan keuntungan yang melimpah ruah.

7. Badan Usaha di Bidang Cocok Tanam Hias

Semakin berkembangnya jaman, semakin banyak pula jenis bisnis yang bermunculan dengan model yang bermacam-macam pula. Ada beberapa bisnis yang dapat bertahan lama, namun ada juga beberapa bisnis yang tidak dapat bertahan lama karena tidak memiliki prospek yang bagus, biasanya itu hanya sekedar bisnis musiman.

Memulai bisnis tanaman hias dapat menjadi salah satu peluang usaha desa yang menjanjikan karena bisnis ini masih sangat potensial untuk masa mendatang. Peminatnya pun terus bertambah dari waktu ke waktu.

Pengertian dan Contoh Usaha Ekstraktif

Badan usaha ekstraktif adalah badan usaha yang bergerak dalam usaha mengelola bahan- bahan yang terkandung di alam sehingga dapat memenuhi kebutuhan manusia. Badan usaha ekstraktif menggali, mengambil, dan mengolah hasil alam secara langsung.

Berikut ini contoh usaha ekstraktif

Contoh usaha ekstraktif

1. Badan Usaha di Bidang Pertambangan

Kegiatan pertambangan diatur dalam Undang-undang No 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (UU Minerba). Untuk lebih merinci pelaksanaan dari Undang-undang ini diturunkan kembali dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP) yang salah satunya adalah PP No 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

2. Badan Usaha di Bidang Penangkapan Ikan di laut / Nelayan

Sesungguhnya tidaklah mudah mendefinisikan nelayan dengan berbagai keterbatasannya yaitu apakah berdasarkan pekerjaan, tempat tinggal, maupun status pekerjaan. Nelayan dapat didefinisikan sebagai orang atau komunitas orang yang secara keseluruhan atau sebahagian dari hidupnya tergantung dari kegiatan menangkap ikan. (Widodo,2006:29). Menurut Ensiklopedia Indonesia, 1990 (dalam Mulyadi 2005:171) yang dikatakan nelayan adalah Orang yang secara aktif melakukan kegiatan menangkap ikan, baik secara langsung (seperti penebar dan pemakai jaring) maupun secara tidak langsung (seperti juru mudi perahu layar, nahkoda kapal ikan bermotor, ahli mesin kapal, juru masak kapal penangkap ikan), sebagai mata pencaharian.

3. Petani Garam

Kawasan pesisir dan laut mempunyai potensi yang sangat tinggi untuk dikembangkan oleh masyarakat pasisir, namun sumberdaya kelautan dan perikanan di kawasan pesisir dan laut sementara ini masih banyak yang belum  dikelola  sesuai dengan karakteristik wilayahnya. sehingga masih belum bisa meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir secara maksimal.

Mengingat hal tersebut pada pembangunan yang akan datang pemanfaatan sumber daya kelautan harus dijadikan prioritas, mengingat sumber daya alam kelautan dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi domestik dan penghasil devisa negara.

Dan tentunya masih banyak contoh-contoh lainnya dari contoh usaha. Semoga tulisan yang singkat ini Contoh Usaha Agraris dan Ekstraktif beserta penjelasan lengkapnya bisa memberikan manfaat kepada kalian semua para pembaca yang budiman. Terima kasih atas kunjungannya semua.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved