Skip to main content

Faktor Penting Dalam Pembuatan Kolam Terpal Untuk Budidaya Ikan Konsumsi Air Tawar

Walaupun pembuatan kolam terpal terbilang mudah, tetapi dalam pelaksanaannya tetap harus memperhatikan tujuan dari pembuatannya. Kolam dapat dibentuk sebagai bagian dari taman yang indah sehingga menarik dan enak dipandang atau memang bertujuan untuk produksi ikan. 

Pada kali ini akan dibahas mengenai faktor penting dalam pembuatan kolam terpal dan cara pembuatan kolam terpal.

FAKTOR PENTING DALAM PEMBUATAN KOLAM TERPAL

Kolam terpal untuk ikan konsumsi air tawar

Terdapat beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan kolam terpal, di antaranya sebagai berikut.

  • Jenis ikan yang akan dibudidayakan. Hal ini karena tidak semua ikan cocok dibudidayakan dalam kolam terpal. Bahkan, ada beberapa jenis ikan yang tidak cukup hanya dengan air sebagai media hidupnya, tetapi membutuhkan media tambahan berupa lumpur. Sebagai contoh, belut membutuhkan dasar kolam yang berlumpur tebal dan mengandung bahan organik. 
  • Ukuran ikan. Hal ini karena ukuran ikan berpengaruh terhadap ketinggian kolam. Sebagai contoh, benih gurami yang masih kecil tidak dianjurkan untuk diletakkan ke dalam kolam yang dibuat terlalu tinggi, tetapi cukup 60 cm dengan ketinggian air 20-40 cm. 
  • Keseimbangan antara volume air dengan kerangka penyangganya harus kuat. Bila volume air atau volume media lumpur (untuk belut) bertekanan cukup besar, kerangka penyangganya harus kuat. Begitu juga dengan kemampuan bahan terpalnya, jika tipis sebaiknya tidak meletakkan ikan dengan volume yang besar sehingga tidak jebol. 
  • Dasar untuk peletakan kolam terpal harus rata dan kerangka kolam tidak berbahan tajam yang dapat membuat terpal robek atau berlubang. Bila tanah dasar tidak rata, sebaiknya diberi lapisan dari pelepah batang pisang atau sekam padi. Untuk kerangka yang menggunakan bambu belah, sebaiknya belahannya diletakkan di bagian luar dan jika kerangkanya terbuat dari besi, sebaiknya jangan menggunakan yang mudah berkarat karena bisa membuat terpal robek.  
  • Pada waktu panen dan pascapanen diperlukan perlakuan yang baik sehingga terpal tidak rusak dan dapat digunakan untuk operasional berikutnya.
  • Saluran pembuangan air kolam yang dibuat dengan cara melubangi terpal sebaiknya dilakukan dengan hati-hati sehingga terpal tidak bocor atau bisa juga dengan membuat saluran pembuangan sistem kapiler (dengan selang sedot).
  • Terpal yang baru harus dibersihkan dan direndam hingga bau zat kimia dari terpal hilang atau tidak tercium bau yang menyengat. Hal Ini dapat mempengaruhi tingkat kehidupan ikan terutama untuk benih yang masih berukuran kecil.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved