Skip to main content

Apa yang dimaksud dengan Historiografi Kritis? Jelaskan

Historiografi kritis merupakan metode penulisan sejarah yang berfokus pada meneliti sumber-sumber tertentu untuk mengungkapkan kebenaran sejarah. Pendekatan ini menekankan pentingnya mencari sumber-sumber asli, mengevaluasi dan menganalisis informasi, dan menghindari menggunakan pendekatan yang disebut historicity, yang cenderung menekankan pada penafsiran, bukan fakta. Historiografi kritis juga menekankan pentingnya keterlibatan kritis dalam menafsirkan sumber-sumber tertentu. Historiografi kritis menekankan pentingnya menganalisa informasi dan menghindari penulisan sejarah yang dipengaruhi oleh ideologi atau bias.

Historiografi kritis atau moderen muncul akibat tuntutan ketepatan tehnik untuk beroleh fakta-fakta sejarah. Fakta sejarah didapat lewat penetapan metode penelitian, kenakan ilmu-ilmu bantu, terdapatnya tehnik pengarsipan, dan rekonstruksi lewat sejarah lisan. Masa ini diawali bersama munculnya belajar sejarah kritis, yang mengfungsikan prinsip-prinsip metode penelitian sejarah. Contoh historiografi moderen adalah Pemberontakan Petani Banten 1888 karya Sartono Kartodirdjo dan Revolusi Pemuda karya Benedict

Berdasarkan penjelasan yang telah diberikan di atas, dapat disimpulkan bahwa Yang dimaksud dengan historiografi Kritis (Historiografi Modern) adalah Historiografi yang menuntut ketepatan metodologi dalam usaha untuk mendapatkan fakta sejarah secermat mungkin, mengadakan rekonstruksi sebaik mungkin, serta menerangkannya setepat mungkin sesuai kaidah-kaidah ilmiah.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved