Skip to main content

Jelaskan Pengertian While do dalam Bahasa Pascal beserta Contohnya?

Beginisob, Pascal adalah bahasa pemrograman yang dirancang oleh Profesor Niklaus Wirth pada tahun 1970. Bahasa ini dibuat untuk memudahkan para programmer dalam melakukan pemrograman struktural. Bahasa ini terkenal karena konsistensi, kemudahan penggunaan, dan kesederhanaannya. Bahasa ini juga memiliki struktur yang teratur dan sederhana, memudahkan programmer untuk menuliskan program dengan mudah.

Apakah kamu sekarang sedang mencari jawaban untuk pertanyaan Jabarkan pengertian WHILE DO dalam bahasa Pascal! Beginisob jawabanya. 

Pengertian while do dalam bahasa pascal

While do adalah bentuk struktur kontrol pada bahasa pemrograman Pascal yang memungkinkan program untuk melakukan proses secara berulang. Struktur ini mengandung dua bagian yaitu pernyataan while dan do. Pernyataan while menentukan kondisi yang harus dipenuhi agar proses di dalam blok do diulang. Proses di dalam blok do ini akan diulangi hingga pernyataan while tersebut bernilai false atau tidak terpenuhi. Jika kondisi dalam pernyataan while bernilai true, maka proses di dalam blok do akan diulang.

Contoh penggunaan while do dalam babasa pascal

Contoh penggunaan while do dalam bahasa Pascal adalah sebagai berikut: 

program while_do; 

var 

  i: integer; 

begin 

  i := 1; 

  while i <= 10 do 

  begin 

    writeln('Perulangan ke: ', i); 

    i := i + 1; 

  end; 

end. 

Program di atas akan menuliskan angka dari 1 hingga 10 di layar. Program di atas akan mengulangi proses penulisan angka hingga variabel i bernilai 10.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved