Skip to main content

Klasifikasi Hukum Berdasarkan Sumber Hukum yang Umum

Klasifikasi hukum biasanya dibedakan berdasarkan sumber-sumber hukum yang menjadi dasar dari hukum tersebut. Di dalam ilmu hukum, terdapat beberapa sumber hukum yang umum dikenal, yaitu:

Klasifikasi

1. Hukum positif (positive law)

Hukum positif adalah hukum yang diatur oleh lembaga kekuasaan yang memiliki kewenangan untuk menetapkan hukum, seperti pemerintah atau lembaga legislatif. Hukum positif biasanya terdiri dari peraturan perundang-undangan yang berlaku di suatu negara, seperti undang-undang, peraturan pemerintah, dan keputusan pengadilan.

2. Hukum natural (natural law)

Hukum natural adalah hukum yang dianggap universal dan berlaku untuk semua manusia, independent dari apapun kodifikasi atau penetapan yang dilakukan oleh lembaga kekuasaan. Hukum natural dianggap sebagai hukum yang sesuai dengan keadilan dan kebenaran secara universal.

3. Hukum agama (religious law)

Hukum agama adalah hukum yang berasal dari ajaran-ajaran agama dan dianggap sebagai sumber hukum oleh sebagian masyarakat yang memeluk agama tersebut. Hukum agama biasanya diakui sebagai sumber hukum di negara-negara yang memiliki sistem hukum yang berbasis pada hukum agama, seperti di negara-negara Islam.

4. Hukum adat (customary law)

Hukum adat adalah hukum yang diakui dan dipraktikkan oleh suatu kelompok masyarakat atau suatu masyarakat tradisional, yang terbentuk dan berkembang sepanjang waktu sebagai hasil dari kebiasaan-kebiasaan yang telah lama ada di masyarakat tersebut. Hukum adat biasanya berlaku di suatu daerah yang memiliki kebudayaan dan tradisi yang kuat.

5. Hukum internasional (international law)

Hukum internasional adalah hukum yang mengatur hubungan antarnegara dan organisasi internasional. Hukum internasional terdiri dari perjanjian internasional, hukum laut, hukum udara, dan hukum perdagangan internasional. Hukum internasional juga termasuk hukum humaniter internasional yang mengatur hak-hak manusia dan perlindungan terhadap kejahatan kemanusiaan.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved