Skip to main content

Poster yang fungsinya untuk mempublikasikan penelitian disebut dengan poster?

Poster yang fungsinya untuk mempublikasikan penelitian disebut dengan poster? 

Poster yang fungsinya untuk mempublikasikan penelitian disebut poster presentasi atau poster penelitian dapat disebut juga sebagai poster riset. Istilah "riset" dan "penelitian" memiliki makna yang sama, yaitu kegiatan atau proses untuk mencari atau menemukan informasi baru melalui pengumpulan dan analisis data. Oleh karena itu, istilah "poster riset" dan "poster penelitian" dapat digunakan secara bergantian untuk merujuk pada poster yang digunakan untuk mempresentasikan hasil penelitian atau riset. Poster riset adalah jenis poster yang dibuat untuk menyajikan informasi penelitian atau proyek dalam bentuk visual di konferensi, pameran, atau pertemuan akademis. Poster riset biasanya terdiri dari teks singkat, gambar, grafik, tabel, dan ilustrasi lainnya yang menjelaskan penelitian atau proyek yang sedang dilakukan. Tujuan dari poster riset adalah untuk memudahkan pembaca atau pengunjung konferensi dalam memahami dan memperoleh informasi tentang penelitian atau proyek yang disajikan.

Berikut ini adalah langkah-langkah umum untuk membuat poster riset:

  1. Tentukan ukuran poster yang akan Anda buat. Ukuran umum poster riset adalah 90 cm x 120 cm, tetapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  2. Buatlah desain poster yang menarik dan mudah dibaca. Pastikan untuk menggunakan font yang mudah dibaca, ukuran font yang cukup besar, dan warna yang kontras agar informasi mudah dilihat oleh pembaca.
  3. Tentukan layout poster dengan mempertimbangkan bagaimana Anda akan menampilkan data dan informasi yang akan dipresentasikan. Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan grafik, tabel, foto, dan ilustrasi lainnya untuk membantu menjelaskan hasil riset Anda.
  4. Tuliskan judul riset Anda yang menarik, informatif, dan jelas pada bagian atas poster.
  5. Tambahkan bagian-bagian penting dalam poster riset, seperti pendahuluan, metodologi riset, hasil riset, kesimpulan, dan saran.
  6. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber referensi dan daftar pustaka di bagian bawah poster.
  7. Lakukan revisi dan perbaikan jika diperlukan agar poster riset Anda semakin baik dan jelas.
  8. Cetak poster riset pada kertas yang cukup besar dan berkualitas baik. Pastikan untuk memeriksa kembali poster sebelum mencetak untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan dan informasi sudah ditampilkan dengan baik.

Siapkan presentasi poster riset Anda dengan baik, sehingga dapat disampaikan dengan jelas dan mudah dipahami oleh pembaca.

Comments

Edukasi Terpopuler

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved