Skip to main content

Mengenal Karakteristik Bahan Makanan dari Umbi: 4 Ciri Khas yang Perlu Diketahui

Bahan makanan dari umbi memang memiliki ciri khas yang unik dan mudah dikenali. Selain memiliki cita rasa yang khas, bahan makanan ini juga terkenal dengan teksturnya yang lengket ketika dimasak. Sebutkan ciri ciri bahan makanan dari umbi? 

Ciri ciri bahan makanan dari umbi

Berikut adalah 4 ciri khas bahan makanan dari umbi yang perlu kamu ketahui:

1. Umumnya berbentuk tepung

Bahan makanan dari umbi, seperti singkong, ketela pohon, dan ubi jalar, umumnya memiliki bentuk yang berupa tepung. Tepung dari bahan makanan ini sangat serbaguna dan bisa digunakan sebagai bahan dasar dalam berbagai macam makanan, seperti roti, kue, dan mie.

2. Mengandung karbohidrat tinggi

Umbi juga terkenal dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat merupakan sumber energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Kandungan karbohidrat yang tinggi pada umbi membuatnya menjadi bahan makanan yang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang membutuhkan banyak energi, seperti para atlet atau pekerja yang banyak bergerak.

3. Mengandung protein yang rendah

Meskipun kandungan karbohidrat pada umbi sangat tinggi, namun kandungan proteinnya cenderung rendah. Oleh karena itu, jika kamu ingin memenuhi kebutuhan protein tubuhmu, sebaiknya kamu mengonsumsi sumber protein lainnya, seperti daging, ikan, atau tahu.

4. Jika dimasak teksturnya menjadi lengket

Salah satu ciri khas bahan makanan dari umbi yang paling mudah dikenali adalah teksturnya yang lengket ketika dimasak. Hal ini disebabkan oleh kandungan pati yang tinggi pada umbi. Ketika dimasak, pati pada umbi akan mengembang dan melepaskan senyawa glukosa, sehingga membuat teksturnya menjadi lengket dan kenyal.

Itulah 4 ciri khas bahan makanan dari umbi yang perlu kamu ketahui. Dengan mengenali karakteristik dari bahan makanan ini, kamu bisa lebih memahami cara memasak dan mengolahnya dengan baik, sehingga menghasilkan hidangan yang lezat dan bergizi.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved