Skip to main content

Jelaskan yang di maksud dengan anatomi berita

Dengan memahami anatomi berita dan piramida terbalik, penulis berita dapat menyusun berita dengan efektif dan memastikan pembaca mendapatkan informasi yang relevan dan penting secara cepat dan efisien. Jelaskan yang di maksud dengan anatomi berita? 

Anatomi berita

Tulisan berita memiliki struktur yang dikenal dengan istilah "anatomi berita" atau "piramida terbalik". Anatomi berita adalah unsur-unsur atau bagian-bagian yang terdapat dalam sebuah berita yang memuat suatu kejadian secara lengkap dengan pembagian-pembagiannya. Berikut ini adalah komponen-komponen utama dalam anatomi berita:

1) Kepala Berita (Headline)

Kepala berita adalah judul atau judul singkat yang menarik perhatian pembaca. Tujuan dari kepala berita adalah untuk menyampaikan inti dari berita secara singkat dan menarik. Kepala berita biasanya terletak di bagian atas artikel dan menjadi titik fokus pertama pembaca.

2) Waktu (Date line)

Waktu atau tanggal adalah bagian berita yang memberikan informasi mengenai kapan kejadian dalam berita tersebut terjadi. Biasanya, waktu ditempatkan di awal berita atau di bawah kepala berita.

3) Teras (Lead)

Teras atau lead adalah paragraf pertama dalam sebuah berita. Teras berfungsi untuk memberikan informasi penting dan menarik secara singkat tentang kejadian utama yang dikomunikasikan dalam berita. Teras sering kali menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar seperti siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana.

4) Tubuh (Body)

Tubuh berita merupakan bagian yang lebih rinci dan mendalam yang menguraikan informasi lebih lanjut tentang kejadian yang diulas. Bagian ini berisi fakta, kutipan, data, dan informasi tambahan yang mendukung berita. Tubuh berita biasanya disusun secara berurutan dan mengikuti piramida terbalik, di mana informasi yang paling penting dan menarik ditempatkan di bagian awal, dan informasi yang kurang penting ditempatkan di bagian akhir.

5) Kaki (Leg)

Kaki berita adalah bagian akhir dari berita. Bagian ini seringkali berisi informasi tambahan yang mungkin tidak dianggap penting untuk dimasukkan dalam tubuh berita, seperti fakta terkait, catatan penulis, sumber informasi, atau referensi lain yang relevan. Kaki berita juga dapat berisi kontak redaksi atau penulis berita untuk pertanyaan lebih lanjut.

Struktur berita ini disebut "piramida terbalik" karena informasi yang paling penting disampaikan di awal berita (kepala berita dan teras) dan diikuti oleh informasi yang semakin rinci dan mendalam (tubuh berita). Pendekatan ini memungkinkan pembaca untuk mendapatkan inti berita yang penting bahkan jika mereka hanya membaca bagian awal berita atau judulnya saja.

Comments

Edukasi Terpopuler

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved