Langsung ke konten utama

Kenapa Manusia Harus Berbudi Pekerti?

Baca Juga

BeginiSob pentingnya nilai-nilai perilaku dan perbuatan manusia akan diukur menurut kebaikan dan keburukannya melalui ukuran norma dalam suatu masyarakat atau suatu bangsa. manusia yang sikap lahiriyah dan batiniyahnya sesuai dengan norma etik dan moral. Dalam konteks yang lebih luas, bisa disebut budi pekerti. Pada tulisan kali ini kita akan membahas kenapa manusia harus berbudi pekerti?

Kenapa Manusia Harus Berbudi Pekerti?

1. Menjauhkan Manusia dari Permusuhan
Ketika manusia mempunyai etika yang baik seperti berbudi pekerti yang baik terhadap sesama maka akan meredam banyak permusuhan, mempererat rasa persaudaraan dan menumbuhkan keharmonisan dalam bersosialisasi antar sesama manusia.

2. Untuk Meningkatkan Harkat dan Martabat Manusia
Dengan budi pekerti antar sesama kita sudah bisa saling hormat menghormati antar sesama, dimana manusia merupakan mahluk ciptaan Allah yang memang memiliki akal dan hati untuk saling hormat menghormati, saling melindungi martabatnya sebagai manusia yang mempunyai kelebihan.

3. Untuk Kebaikan dan Amal
Manusia memiliki kepercayaannya terhadap Tuhan yang maha pencipta, dimana budi pekerti merupakan salah satu akhlak mulia yang harus selalu di ajarkan kepada kita untuk kebaikan sesama. Sehingga dengan kebaikan ini kita bisa menjadi manusia yang beradab dan mempunyai karakter yang mulia.

Begitulah sedikit pembasan dari kenapa manusia harus berbudi pekerti yang baik semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk pembaca. Kesimpulan dari pembahasan ini adalah budi pekerti manusia harus selalu kita jaga dan kita budayakan dalam kehidupan kita karena manfaat dan tujuannya sangat baik untuk kita, trimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa share tulisan ini.

Komentar