Langsung ke konten utama

Mengapa Manusia Perlu Berkompetisi dan Berkolaborasi? Ini Penjelasan lengkapnya

Baca Juga

Beginisob manusia sebagai mahluk sosial perlu melakukan aturan dan bertoleransi dalam kebaikan, antar sesama manusia perlu adanya kompetisi dan kolaborasi untuk membentuk individu yang lebih baik. Tulisan kali ini saya akan membahas mengapa manusia perlu melakukan hal itu? Berikut ini penjelsan lengkapnya.

Mengapa Manusia Perlu Berkompetisi dan Berkolaborasi

1. Manfaat berkompetisi bagi manusia yaitu:

Untuk mengukur kemampuan
Kamampuan manusia sangat berbeda-beda, ada yang pintar dari segi intelektual, ada yang ahli dalam olahraga, kesemua itu bisa diukur dengan adanya kompetisi. Kemampuan yang tinggi sangat dibutuhkan dalam kehidupan.

Untuk melatih mental untuk lebih tangguh dalam bersaing
Kekuatan mental sangat teruji dalam kompetisi, metal dan semangat yang kuat akan sangat menonjol terlihat dalam sebuah kompetsisi. Tanpa adanya mental yang kuat untuk bersaing maka kemajuan akan susah unuk diraih.

Untuk memotivasi diri menjadi lebih baik
Ketika kegagalan itu menjadikan mental kita terpuruk maka diperlukan motivasi yang tinggi untuk bangkit meraih pretasi. Dengan adanya persaingan maka akan terlihat motivasi manakah yang paling kuat dan menojol.

Untuk tidak mudah puas bila hanya menjadi pemenang kedua/ketiga
Menjadi pemenang no satu bukanlah hal yang mudah karena perlu usaha yang lebih baik dari lawannya. Melihat kemampuan lawan dengan teliti dan bersaing secara sehat memberikan motivasi lebih untuk selalu ingin lebih baik dari lawan.

Untuk melatih mawas diri bahwa masih ada orang lain yang lebih baik
Selalu mengoreksi diri adalah hal yang penting untuk dilakukan, karena kalu kita lupa akan diri sendiri dan kelemahan kita, kita tidak akan bisa menutupi kelemahan tersebut dan tentunya akan sulit untuk menjadi yang terbaik.

2. Manfaat berkolaborasi bagi manusia yaitu:

Untuk melatih bekerjasama
Kerja sama, atau kooperasi merujuk pada praktik seseorang atau kumpulan yang lebih banyak yang bekerja untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Ketika kita bekerja sendiri kesulitan maka dengan kerjasama tingkat kesulitan akan semakin berkurang.

Untuk melatih tenggang rasa dan bertoleransi dengan orang yang berbeda pendapat
Ketika kita bertemu dengan orang banyak atau berkelompok maka kita akan mendapatkan karakter dan keyakinan manusia yang berbeda-beda. Dengan adanya kolaborasi maka akan tercipta toleransi antar sesama.

Untuk bersosialiasasi
Manusia sebagai makhluk sosial memang akan sulit kita lepaskan. Kita membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup sendirian. Setiap individu memiliki keahlian yang berbeda-beda sehingga kita memerlukan sosial.

Untuk dapat berbagi tugas dan mendelegasikan tugas
Diawal sudah dijelaskan bahwa dengan kita bekerjasama maka kesulitan akan semakin berkurang, tentunya hal ini menyangkut tugas kita sebagai manusia maupun pekerja. Setiaptugas yang dikerjakan dengan bersama-sama akan lebih cepat selesai.

Untuk dapat menghargai pendapat orang lain
Dengan kolaborasi akan tercipta banyakpemikiran dan keahlian, tentu dengan kita bisa menghargai sebuah pendapat maka akan bisa membuat masukan terhadap kita. Dan dengan kerjasama yang baik ini akan tercipta keharmonisan.

Untuk menambah kenalan,kolega dan teman. 
Semakin banyak itensitas kita dengan orang lain maka akan tercipta banyak kenalan dan teman.Ini termasuk kebutuhan manusia akan bersosialisasi, berbagi dan saling menolong. Semakin banyak kenalan dan teman merupakan kosekuensi atas kolaborasi.

Sudah dijelaskan dengan lengkap tentang mengapa manusia perlu berkolaborasi dan berkompetisi, semoga artikelnya bisa bermanfaat untuk anda.



Komentar