Langsung ke konten utama

Bagaimana proses hemodialisis?

Baca Juga

Bagaimana proses hemodialisis? - Hallo para pelajar yang berbahagia, Beginisob pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan Bagaimana proses hemodialisis?. Materi yang akan kami bagikan ini merupakan pelajaran IPA, cukup menarik bukan? Jika iya, mari kita lanjut!.

Judul pembahasan kali ini adalah Bagaimana proses hemodialisis? yang bisa kamu pelajari disini Bagaimana proses hemodialisis?. Kamu juga bisa mendapatkan materi pelajaran menarik lainnya yang tidak kalah bermanfaatnya disini.

Pernahkah kamu mendengar adanya penderita sakit ginjal dan mengalami cuci darah? Perhatikan gambar di bawah ini!

Bagaimana proses hemodialisis?

Gambar di atas menunjukkan proses cuci darah (hemodialisis) pada penderita gagal ginjal. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber dan jawablah pertanyaan berikut.

Bagaimana proses hemodialisis?  

Bagaimana proses hemodialisis? Darah yang mengandung racun di keluarkan dari dalam tubuh penderita gagal ginjal kemudia dialirkan masuk ke dalam alat hemodialisis (hemodializer).

Selanjutnya, karena adanya perbedaan konstrasi antara darah dengan cairan dialisat menyebabkan zat-zat yang bersifat toksik di dalam darah akan melewati membrane tabung yang bersifat semi permiabel dan berpindah ke dalam cairan dialisat.

Cairan dialisat ini akan dikeluarkan dari mesin dialyzer dan diganti dengan cairan dialisat yang baru. Sedangkan darah yang sudah tidak mengandung zat toksik dialirkan kembali masuk ke dalam tubuh manusia.

Materi Bab 8 Sistem Ekskresi Kelas 08 SMP IPA Semester 2, Cetakan ke-1 2014

Komentar