Langsung ke konten utama

Cara Sukses Budidaya Ternak Ikan Guppy

Baca Juga

Sangat banyak orang yang menganal ikan guppy. Strain liar ikan ini (wild guppy) banyak mengisi selokan dan sungai sungai di kota dengan nama ikan seribu atau ikan centul. Sementara strain yang lebih menarik dan dijual di pasar ikan hias adalah ikan guppy hasil budidaya dan melalui kawin silang antara varietas sehingga disebut sebagai fancy guppy. Penggemar ikan guppy tidak kalah banyak dibanding penggemar ikan hias lain. Beginisob berdasarkan suvey majalah ikan hias indonesia tahun 2009, ikan ini mengisi 7% responden yang menyukai beragam ikan hias. Duar negri banyak terdapat klub ikan guppy, bahkan mereka mempunyai standar untuk saling berlomba di berbagai ajang internasional. Dipasar ikan hias lokal, ikan ini selalu tersedia sebagai ikan wajib para penjual ikan hias. Harganya pun sangat bervariasi, tergantung strain. Strain yang masih baru dan langka memiliki harga jual yang lebih tinggi di bandingkan strai standar. Klasifikasi ikan guppy di seluruh belahan dunia tidak seragam dan belum konsisten karena terus bermunculan strain baru yang semangkin membingungkan pengklasifikasian. Sebagai contoh, Ikan Guppy yang disebut sebagai strain cobra di korea, dikenal sebagai snake skin di amerika.

Cara Sukses Budidaya Ternak Ikan Guppy

Berikut ini panduan lengkap tentang bagaimana cara sukses dalam Budidaya Ikan Hias guppy Sementara di asia (termasuk indonesia) tenggara disebut dragon. Ikan ini diklasifikasikan dalam beragam definisi, diantaranya:
  • Berdasarkan warna tubuh. Dikenal 4 warna dasar, yitu hijau dan biru, orange dan kuning, abu abu dan hitam, serta warna merah dan pink.
guppy strain hijau dan biru
guppy strain hijau dan biru

guppy strain orange dan kuning

guppy strain abu abu dan hitam
guppy strain abu abu dan hitam

strain merah dan pink
strain merah dan pink
  • Berdasarkan bentuk ekor. Berdasarkan bentuk ekor ikan jantan, muncul beragam jenis ekor diantaranya ada flag tail, veil tail,  fan tail, trigular or delta tail, pin tail, spade tail, lyre tail, double sword, bottom sword, round tail, pointed or spear tail.
guppy berdasarkan bentuk ekor
guppy berdasarkan bentuk ekor

Cara membedakan jantan dan betina pada ikan guppy


Ikan jantan dan betina sangat mudah dibedakan, terutama setelah ikan memasuki usia matang kelamin, yitu sekitar 3 bulan dengan panjang ikan jantan 3-4 cm dan ikan betina 4-5 cm. Untuk lebih jelas, berikut ini perbedaan ikan jantan dan betina.

ciri ciri ikan guppy betina

Keterangan ikan betina:
  1. Sirip anal, berbrntuk kilas
  2. Gravid spot, untuk memegwng telur.
  3. Sirip punggung lebih kecil
  4. Sirip ekor, tidak panjang dan lebih kecil
  5. Sirip perut
  6. Sirip dada, letaknya sama dengan jantan

ciri ciri ikan guppy jantan

Keterangan ikan jantan:
  1. Sirip anal, berbentuk batang dan pada ikan dewasa berkembang menjadi gonopodium
  2. Sirip punggung, lebih besar dibanding betina
  3. Sirip ekor, lebih besar dan panjang
  4. Sirip dada

Persiapan induk

Dalam budidaya ikan guppy dikenal istilah line breeding, line crossing, in breeding, dan out breeding.
  • Line breeding. Line breeding adalah istilah untuk perkawinan biasa, hanya berbeda keluarga atau silsilah. Biasanya berbeda di jalur indukanbetina atau anakan dari indukan betina berbeda. Hasilnya biasanya sudah jelas, hanya kualitas lebih baik karena tidak ada perkawinan sedarah.
  • In breeding. In breeding adalah itilah untuk perkawinan ikan guppy dari induk yang sama. Sebagai contoh dari indukan yang sama keluar beberapa anakan, k mudian atar anakan tersebut dikawinkan sehingga terjadi perkawinan sedarah. Perkawinan ini biasanya akan menghasilkan anakan yang kualitasnya menurun, bahkan beberapa diantaranya cacat.
  • Out breeding. Out breeding adalah cikal bakal lahirnya beragam jenis varian ikan karena cendrung mengawinkan ikan dari beragam strain, bahkan keluar dari jenis yang sama, marga, bahkan suku. Sebagai contoh persilangan antara guppy dan molly.

Bak pemijahan

Memijahkan ikan guppy dapat menggunakan akuarium atau kolam semen. Beberapa peternak memakai wadah berupa paso (jembangan tanah liat). Ukuran akuarium sekitar 80x40x40 cm untuk 5 induk jantan dan 30-40 induk betina. Ikan guppy memijah debgan perbandingan 1 jantan dan 6-10 betina. Kolam semen ukuran 2x2 m ter dengan ketinggian air 40 cm dapat diisi sekitar 10-15 pejantan dan 100-150 betina. Didalam kolam atau akuarium cukup penggunakan aerator untuk melindungi anakan guppy dari incarain ikan guppy dewasa. Berikan tanaman air seperti hydrilla dan kabomba.

Kualitas air

Air yang dipergunakan sebaiknya memiliki pH netral dari suhu sekitar 25-29°C. Sebelum digunakan, air harus diendapkan dan diaerasi terlebih dahulu, d mikian pula air untuk mengganti dan mengisi bak pemijahan. 

Pakan

Selama di bak pemijahan ikan ini dapat diberi pakan kutu air, jentik, cacing sutra, dan pelet halus.

Proses pemijahan

Ikan ini dapat memijah sepnjang tahun seperti halnya molly dan ppaty, pembuahan ikan guppy terjadi dalam.tubuh induk betina. Perkawinan di mulai dengan ikan jantan yang selalu mengejar betina yang siap memijah. Setelah siap, ikan jantan akan memasukkan sperma ke seluruh telur (oviduk) induk betina dengan gonopore, semacam alat kelamin yang terdapat di.dekat sirip dubur (salurannya disebut gonopodium). Sperma ini akan tersimpan cukup lama di oviduk ikan betina, bahkan mampu membuahi telur sampai 3 kali masa pemijahan atau lebih. Hal tersebut menjelaskan mengapa seekor ikan betina tanpa pejantan di satu akuarium bisa beranak. Sebelum dipindah ke akuarium terakhir, induk betina tersebut sudah dibuahi di kolam atau akuarium lain.

Pembesaran benih

Benih guppy yang baru saja dilahirkan berukuran sangat kecil, skitar 4 mm. Dalam 2 minggu, benih sudah bertambah 2 kali lipat. Pembesaran sangat mudah, cukup dengan pemberian pakan kutu air dan caing sutra. Memasuki umur 3 bulan, ikan sudah siap dijual kepasaran.

Fase kritis

Memijah ikan guppy sangatlah mudah. Hal yang sedikit sulit adalah memilih strain yang diterima baik dipasaran.

Peluang pasar

Ikan guppy tidak mengenal tren, kapan pun akan tetap.laku dijual. Guppy kualitas.biasa.dijual dengan harga 3000-5000 rupiah per ekor. Ada juga jenis tertentu yang dihargai hingga 1 juta rupiah per ekor. Mengingat banyaknya strain yang ada di pasaran maka p luang yang nciptakan beragam varian masih terbuka lebar. Semakin unik dan menarik ikan guppy, semakin tinggi nilai jual dipasaran.

Komentar