Langsung ke konten utama

Cara Bertanam Jagung dan Padi di Polibag

Siapa bilang jagung dan padi harus di lahan yang luas. Dua tanaman ini bisa dibudidayakan di rumah dengan ditanam di dalam polibag maupun pot. Hasilnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sendiri.

Bertanam Jagung di polibag

Persiapan

  • Polibag ukuran 25 cm. 
  • Media tanam berupa campuran 0,5 kg kotoran ayam fermentasi dan tanah dengan perbandingan 1:1.

Penanaman

  1. Masukan media tanam ke dalam polybag.
  2. Tanam 1--2 benih jagung dalam polybag.

Pemeliharaan

  1. Sebagai sumber nutrisi, dapat memanfaatkan limbah dari dapur seperti potongan sayuran, tulang ayam, dan duri ikan. Sampah sayuran kaya nitrogen, tulang hewan sumber kalsium. Sebelum digunakan bahan difermentasi dahulu dengan mikroorganisme lokal (MOL). Cara pembuatannya, campur 1 liter MOL dengan 5 liter air. Campuran lalu disiramkan pada sampah dapur yang dimasukkan dalam ember tertutup. Bolak-balik isi ember itu setiap hari agar proses fermentasi merata. 
  2. Setelah dua minggu pupuk organik itu siap ditambahkan ke dalam pot tanaman. MOL juga bisa langsung diberikan ke tanaman setelah dicairkan dengan perbandingan 1:5 atau 1:10. 
  3. Penambahan pupuk pada hari ke-21,36, dan 48 menggunakan pupuk hayati cair di atas dengan perbandingan 1:10. Dosis 200 ml per polibag.
  4. Jagung manis 2 tongkol siap dipanen pada umur 60 hari setelah tanam (hst). Jagung hibrida umur 90 hari.

Bertanam Padi pada polibag

Persiapan

  • Polybag ukuran 25 cm. 
  • Media tanam berupa campuran 0,5 kg kotoran ayam fermentasi dan tanah dengan perbandingan 1:1.

Penamanan

  1. Jika menanam padi, perlu disiapkan media lumpur dan menyemai benih dulu. Media lumpur dibuat dengan mencampur tanah dengan kompos Benih padi disemai di atas besek bambu atau tampah plastik. 
  2. Rendam segenggam benih padi dalam 5 liter air yang diberi 2 sdm garam Biarkan selama 2 malam. Buang padi yang mengapung, itu tanda benih tidak bernas.
  3. Tiriskan gabah dan semai. Siram setiap hari menggunakan sprayer berlubang halus. Biasanya setelah 12 hari akan tumbuh tunas padi setinggi 5-7 cm dan siap ditanam. 
  4. Penanaman padi di pot sama dengan cara penanaman di polibag. 

Pemeliharaan

  1. Untuk mencegah serangan hama dan penyakit, pehobi dapat membuat pestisida nabati. Caranya, rajang halus 14 kg mimba dan 4 kg daun tembakau, kemudian larutkan dalam 1 liter air. Biarkan rendaman tersebut selama 1 pekan. Saat akan dipakai 1 liter larutan dicampur 5 liter air, lalu semprotan merata ke tanaman. 
  2. Padi yang ditanam di pot dapat dipanen pada umur 110-115 hst. Dari satu lubang dapat menuai 2 kg gabah basah setara 3 ons beras siap tanak. 

Komentar

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved