Langsung ke konten utama

Media Tanam Anthurium yang Bagus untuk Pertumbuhan

anthurium

Anthurium disukai hoblis karena keindahan warna serta variasi bunga dan daun yang beragam. Oleh karenanya, anthurium dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu anthurium daun dan anthurium bunga. Keduanya sering digunakan sebagai tanaman hias indoor. 

Anthurium daun terkenal karena memiliki daun yang indah Sebenarnya anthurium daun juga menghasilkan bunga, tetapi kemunculan bunganya cenderung memakan waktu yang cukup lama. Selain itu, bentuk dan warna bunganya pun kurang menarik. Sementara daya tarik anthurium bunga terletak pada seludang dan tongkol bunganya. Warna seludang bunga yang bervariasi dan penampilannya yang mengilap serta unik menjadikan anthurium bunga juga banyak digemari para pecinta tanaman hias. 

Media tanam anthurium untuk pertumbuhan yang optimal

Kondisi lingkungan tumbuh yang memadai merupakan kunci keber hasilan pada budidaya anthurium. Anthurium membutuhkan cahaya 30-60%, suhu 14-28 °C, kelembapan 80-90%, dan ketinggian tempat 6001400 m dpl. Proses pembungaan pada anthurium bunga membutuhkan perbedaan temperatur yang tinggi antara siang dan malam. 

Sebagai tanaman hias indoor, sebaiknya anthurium diletakkan ditempat yang sejuk dan memiliki naungan, terutama anthurium daun. Jika terpapar sinar matahari langsung daun-daun anthurium akan mudah hangus atau terbakar (sunburn yang ditandai dengan menguningnya daun seperti terbakar. 

1. Syarat media tanam

Pada umumnya. media tanam anthurium tidaklah sulit, asalkan media tanam tersebut bersifat porous dan subur. Selain itu, media tanam yang baik untuk pertumbuhan tanaman anthurium juga harus banyak mengandung bahan organik, bebas hama dan penyakit, memiliki aerasi dan drainase baik, serta pH sekitar 5,5-65.

2. Jenis media tanam

Untuk memperoleh kondisi yang ideal, sebaiknya media tanam yang digunakan untuk menanam anthurium merupakan campuran antara bahan organik dan anorganik. Bahan organik dapat berupa pupuk kandang, kompos, humus, cacahan batang pakis, serutan kayu, dan arang, Sementara bahan anorganik yang bisa digunakan berupa tanah dan pasir.

3. Ragam formula

Ragam formula media tanam yang digunakan untuk menanam anthurium disajikan pada Tabel

Ragam formula media tanam anthurium

Salah satu media tanam anthurium. Berupa pupuk kandang dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1.

Komentar

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved