Langsung ke konten utama

Mengapa Harus Menanam Sayuran Di Polybag?

Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Sejumlah sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak sebelumnya, sementara yang lainnya harus diolah terlebih dahulu dengan cara direbus, dikukus diuapkan, atau disangrai Sayuran berbentuk daun yang dimakan mentah disebut sebagai lalapan. 

Sayuran mengandung sedikit protein atau lemak, dengan jumlah vitamin, provitamin, mineral, fiber dan karbohidrat yang bermacam-macam Beberapa jenis sayuran bahkan telah diklaim mengandung zat antioksidan, antibakteri, antijamur, maupun zat anti racun. Namun, kandungan nutrisi antara sayuran yang satu dan sayuran yang lain pun berbeda-beda.

Dilihat dari segi manfaatnya, sayuran tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan kita Selain itu, kita memang sangat disarankan oleh para ahli kesehatan untuk mengonsumsi sayur-sayuran guna memenuhi kebutuhan nutrisi kita. Bahkan Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (Food and Agriculture Organisation/ FAO) juga merekomendasikan kepada semua orang untuk mengkonsumsi sejumlah sayuran dengan tingkat konsumsi tertentu.

Mengapa Harus Menanam Sayuran Di Polybag? 

Kebanyakan orang memenuhi kebutuhan akan konsumsi sayur-sayuran adalah dari membeli. Padahal, menanam sayuran itu tidak sulit. Intinya menanam sayuran itu bisa dijadikan hiburan yang menyenangkan atau hobi yang tidak pernah lekang.

Pun, apabila kita senang menanam sayuran di sekitar rumah, rumah kita menjadi hijau dan terasa teduh. Berbagai jenis sayuran bisa memberi warna indah pada rumah kita. Persoalan yang biasanya membuat kita malas adalah kita tidak punya lahan untuk menanam sayur, katakanlah tidak punya pekarangan. 

Nah, untuk menyelesaikan masalah lahan, kita bisa menanam sayuran dengan polybag. Menanam di polybag itu menyederhanakan tata cara menanam sayuran konvensional. Media tanam tidak membutuhkan lahan luas karena cukup menggunakan polybag-polybag kecil. Juga, perawatannya tentu lebih mudah.

Sayuran di polybag

Jadi, menanam sayuran itu tidak repot, kan? Menanam dan merawat tanaman sayuran bisa menjadi kegiatan menyenangkan setelah melewati rutinitas hari yang melelahkan. Menanam dan merawat tanaman sayuran sama menyenangkannya dengan merawat tanaman hias. 

Tanaman sayuran adalah tanaman hortikultura, umumnya mempunyai umur relatif pendek (kurang dari setahun) dan merupakan tanaman musiman. Tanaman sayuran merupakan penghasil sayur-sayuran yang mempunyai arti penting sebagai sumber mineral dan vitamin bagi tubuh manusia.

Kebanyakan sayuran adalah bagian vegetatif dari tumbuhan, terutama daun, biasanya beserta tangkainya. Beberapa sayuran adalah bagian tumbuhan yang tertutup tanah, seperti wortel, kentang, dan lobak.

Ada pula sayuran yang berasal dari organ generatif, seperti bunga, misalnya kecombrang dan turi. Buah, misalnya terong dan kapri. Biji, misalnya buncis dan kacang merah. Bagian tumbuhan lainnya yang juga dianggap sayuran adalah tongkol jagung. Meskipun bukan tumbuhan, bagian jamur yang dapat dimakan juga digolongkan sebagai sayuran. 

Menanam tanaman sayuran di polybag adalah cara alternatif menanam tanaman sayuran untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sayuran. Selain itu, menanam sayuran di polybag juga bermanfaat untuk mengurangi pengeluaran harian dalam membeli sayur-sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

Menanam sayuran di polybag memiliki potensi ekonomis, kesehatan,lingkungan, dan budaya. Potensi ekonomis dari menanam sayuran, yaitu meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan. Potensi ekologinya adalah membantu kelestarian lingkungan hidup dan meminimalkan pemanasan global dan meningkatkan kualitas kehidupan.

Kelangkaan orang menanam tanaman sayur-sayuran adalah karena rendahnya pengetahuan tentang cara menanam. Jika saja semua orang mengetahui bahwa menanam tanaman sayuran itu sangat sederhana dan tidak rumit, maka bisa jadi setiap rumah di Indonesia ini dihiasi tanaman sayur-sayuran. 

Komentar

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved