Skip to main content

Wadah Budidaya Ikan Laut dengan Keramba

Keramba dikenal sebagai wadah budi daya ikan air tawar yang ditempat kan di sungai, waduk, danau, dan saluran irigasi. Namun belakangan, keramba juga digunakan untuk budi daya ikan dan kepiting di laut. terutama di hutan mangrove. Ada juga keramba ditempatkan di tambak untuk pembesaran dan penggemukan kepiting bakau.

Lokasi untuk Keramba

Untuk membangun atau menempatkan keramba di hutan mangrove atau pada perairan terlindung lainnya, beberapa faktor perlu dipertimbangkan baik teknis maupun sosial ekonomis, sebagai berikut:

  1. Lokasi yang dipilih untuk penempatan keramba untuk budidaya ikan adalah hutan mangrove yang tidak kering selama surut terendah, minimal tersisa 40-50 cm air. Lokasi lainnya adalah teluk atau daerah padang lamun yang terlindung.
  2. Kualitas air pada lokasi yang dipilih memenuhi syarat untuk budi daya ikan yang akan dipelihara.
  3. Lokasi mudah dijangkau untuk memudahkan pengangkutan bahan alat, benih, pakan, hasil panen, dan kebutuhan lain.
  4. Lokasi cukup aman dari gangguan. 

Spesifikasi Keramba

Keramba untuk budi daya ikan dapat berbentuk segi empat atau empat persegi panjang Keramba harus memenuhi beberapa spesifikasi berikut: 

  1. Keramba untuk pemeliharaan ikan dibuat dari bambu, kayu, gabungan bambu dan kayu, atau kawat dengan kerangka kayu/bambu. 
  2. Ukuran keramba bervariasi tergantung pada luas dan kedalaman perairan. Ukuran keramba mulai dari yang kecil, 2 x 1 x 1m hingga ukuran 4 x 2 x 2 m.
  3. Untuk memudahkan pemberian pakan pembersihan keramba dan pemanenan, maka pada tutup dibuat pintu dengan ukuran 40 x 40 cm, 50 x 50 cm, atau 60 x 60 cm.
  4. Penempatan keramba dilakukan di tempat khusus yang telah ditentukan dengan cara mengikatkan pada kayu-kayu bakau, tambatan berupa batang pohon atau tonggak tambatan.
  5. Keramba ditenggelamkan sebagian di dalam air dengan bagian atas tetap mengapung di permukaan air sekitar 10 cm pada saat pasang tertinggi.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved