Skip to main content

Pengertian Grooming, Kepribadian, Etika, Table Manner dan Bahasa Tubuh

Jelaskan Pengertian Grooming, Kepribadian, Etika, Table Manner dan Bahasa Tubuh. 

Grooming

Secara etimologi, kata grooming berasal dari bahasa Inggris, yang berarti perawatan atau pemeliharaan. Adapun pengertian penampilan (appearance) adalah citra diri yang terpancar dari diri seseorang yang dapat dilihat dari penampilan secara keseluruhan. Berdasarkan pengertian kedua istilah tersebut, dapat dikatakan bahwa grooming dalam penampilan prima mengandung arti perawatan atau pemeliharaan yang harus dilakukan agar seseorang mempunyai penampilan yang prima atau terbaik, sehingga citra diri seseorang terlihat sangat menarik bagi siapa saja yang melihatnya. Hal ini tentu saja akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi orang tersebut karena dapat menambah kepercayaan dirinya.

Kepribadian

Dalam bahasa Inggris, kata kepribadian disebut personality. Sementara itu, dalam bahasa latin disebut persona. Menurut pengertian sehari-hari, kepribadian adalah bagaimana individu tampil dan menimbulkan kesan bagi individu-individu lainnya. Contohnya, orang yang pemalu seringkali diberi atribut "berkepribadian pemalu". Orang yang supel diberikan atribut "berkepribadian supel", dan orang yang suka bertindak keras dikatakan "tidak berkepribadian". Tidak berkepribadian biasanya juga dialamatkan kepada orang-orang yang lemah, plin plan, pengecut, dan semacamnya.

Berikut ini beberapa pengertian kepribadian menurut pendapat para ahli. 
  • George Kelly, memandang kepribadian sebagai cara yang unik dari individu dalam mengartikan pengalaman-pengalaman hidupnya. 
  • Gordon Allport, merumuskan kepribadian sebagai "sesuatu yang terdapat dalam diri individu yang membimbing dan memberi arah kepada seluruh tingkah laku individu yang bersangkutan.
  • Sigmund Freud, memandang kepribadian sebagai suatu struktur yang terdiri dari tiga sistem yaitu id, ego, dan superego. 
  • Suparman Sumahamijaya, merumuskan kepribadian sebagai keseluruhan dari sifat-sifat jasmani, pikiran, watak, jiwa seseorang serta sesuatu yang membedakan seseorang dari orang lain.
Dari beberapa pendapat di atas dapat diambil simpulan sebagai berikut.

a. Kepribadian dipandang sebagai penentu atau pengarah tingkah laku.

b. Kepribadian dipandang sebagai sesuatu yang unik atau khas pada diri setiap orang. 

c. Kepribadian seseorang dapat ditentukan dan dipengaruhi oleh faktor-faktor bawaan (faktor genetik/biologis) dan lingkungan (pengalaman-pengalaman sosial dan perubahan lingkungan). 

Etika

Etika berasal dari bahasa Latin "Ethicus", alam bahasa Yunani disebut "Ethicos", dan dalam bahasa Inggris "Ethics" yang berarti kebiasaan. Jadi, etika adalah kriteria apa yang baik dan apa yang tidak baik yang ditujukan kepada tingkah laku atau sikap kelakuan manusia yang mempunyai kehendak bebas dalam menentukan mana yang baik dan mana yang tidak. Moral berasal dari bahasa Latin "Mores", yang diterjemahkan menjadi "aturan kesusilaan".

Jadi, moral adalah aturan kesusilaan, yang meliputi semua norma untuk kelakuan, dan perbuatan tingkah laku yang baik..

Etiket berasal dari bahasa Perancis "etiquette". Etiket sering disebut juga tata krama, yakni kebiasaan sopan santun yang disepakati dalam lingkungan pergaulan antarmanusia setempat. Tata berarti adat, aturan, norma, peraturan, sedangkan krama berarti sopan santun. Jadi, etiket adalah sekumpulan peraturan-peraturan kesopanan yang tidak tertulis, tetapi sangat penting untuk diketahui oleh setiap orang yang ingin mencapai sukses dalam perjuangan hidup yang penuh dengan persaingan.

Bahasa Tubuh

Ada beberapa pengertian mengenai bahasa tubuh, yaitu sebagai berikut. 
  • Bahasa tubuh, yaitu gerakan refleks/nonrefleks dari suatu bagian atau seluruh bagian yang digunakan oleh seseorang untuk menyampaikan isi hatinya kepada orang lain, tanpa menggunakan kata-kata.
  • Bahasa tubuh juga berarti gerakan tubuh, ekspresi, dan lain-lain yang membuat Anda mengerti makna yang dimaksudkan orang lain.
  • Bahasa tubuh merupakan proses pertukaran pikiran dan gagasan dengan pesan yang disampaikan dapat berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan, diam, waktu, suara, serta postur dan gerakan tubuh.

Table Manner

Table manner merupakan sopan santun di meja makan, mulai dari cara duduk, menggunakan alat-alat makan dan minum, makan, minum serta cara memasuki dan meninggalkan meja makan Makan merupakan kebutuhan pokok manusia. Tanpa makan manusia tidak akan dapat bertahan hidup di dunia. Bahkan banyak yang mengistilahkan bahwa orang yang bekerja berarti sedang mencari makan. 

Modul Menerapkan Prinsip-prinsip Kerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan untuk SMK dan MAK. 

Bidang Studi Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Studi Keahlian Administrasi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. 

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved