Skip to main content

Strategi Sukses E-Commerce

Strategi Sukses E-Commerce - Roberts (2003) menekankan pentingnya penciptaan nilai dalam mengembangkan bisnis yang berbasis internet. Menurutnya, penciptaan nilai terjadi ketika perusahaan yang memiliki kompetensi dapat memenuhi kebutuhan pelanggannya dengan cara yang menguntungkan. Nilai seperti yang dikemukakan Kotler dan Keller (2009) merefleksikan jumlah dari benefit dan biaya berwujud dan tidak berwujud yang dipersepsikan oleh pelanggan. Nilai adalah kombinasi antara kualitas, jasa, dan harga (quality, service, price-qsp) yang dikenal dengan "tritunggal nilai pelanggan (customer value triad)." Nilai meningkat dengan kualitas dan jasa serta menurun dengan harga, meskipun faktor-faktor lain dapat memainkan peran yang penting terhadap persepsi pelanggan akan nilai.

Rayport dan Sviokla (dalam Roberts, 2003) menyatakan bahwa nilai dalam bisnis internet memiliki tiga dimensi yaitu content, konteks, dan infrastruktur.

Yahoo! adalah satu contoh yang bagus mengenai penerapan ini.

  • Secara content, Yahoo! yang bermula dari search engine, proposisi bisnisnya berbasis dari website lain. Peralihan dari search engine menjadi portal, Yahoo! tak hanya meningkatkan jumlah content tetapi juga menawarkan diferensiasi seperti berita, harga saham, shopping, lelang, dan hiburan. Yahoo! menawarkan jasa secara personal melalui pembayaran khusus.
  • Secara konteks, Yahoo! menawarkan visualisasi yang bersih, tidak terganggu oleh animasi atau hal-hal lain yang mengganggu konsumennya. 
  • Secara infrastruktur, Yahoo! melakukan berbagai perubahan drastis dibandingkan pertama kali hadir terutama ketika harus berhadapan dengan kompetitor utama search engine: Google. 

Wirausaha harus dapat memadukan antara content, konteks, dan infrastruktur ketika mengembangkan e-commerce sehingga memiliki kemampuan untuk bersaing dengan kompetitor. Perpaduan tersebut dapat menghasilkan efisiensi dan efektifitas dalam distribusi produk.

Sumber: Dasar dasar kewirausahaan teori dan praktik

Comments

Edukasi Terpopuler

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved