Skip to main content

Apa saja Peran Penjualan Ritel?

Pada umumnya penjual ritel mendapatkan barang yang dijualnya dari produsen utama. Produsen menjual barangnya kepada grosir untuk dijual kembali. Dari grosir barang tersebut kemudian dijual kepada peda gang eceran atau ritel. Pedagang ritel inilah yang merupakan pelaku utama dalam mengecerkan barang Pengecer ini menjual barangnya pada konsumen akhir.

Penjualan ritel ini sangat penting bagi kelangsungan produsen suatu barang. Hall ini dikarenakan melalui usaha ritel, produsen dapat mengetahui dan memperoleh informasi berharga mengenai produk yang dibuatnya. Produsen biasanya akan memberikan beberapa pertanyaan kepada pengecer yang meliputi bentuk produk, rasa, daya tahan, harga, dan segala sesuatu mengenai produknya. 

Selain itu produsen juga bisa memperoleh informasi mengenai produk saingan dari produsen pesaingnya. Produsen dan pengecer dapat menjalin kerja sama yang saling menguntungkan. Produsen dapat memasang iklan, mengadakan undian, atau memberi hadiah kepada konsumen melalui toko-toko pengecer produknya. Bahkan produsen sering kali memberikan bonus kepada pengecer yang telah menjual produknya pada konsumen akhir. 

Pada dasarnya usaha ritel memberikan kebutuhan ekonomis bagi para pelanggannya melalui lima cara sebagai berikut:

  • Memberikan suplai atau pasokan barang dan atau jasa pada saat dan ketika barang tersebut dibutuhkan oleh konsumen atau pelanggan. Usaha ritel ini biasanya berlokasi di dekat rumah pelanggan, sehingga pelanggan bisa dengan segera mendapatkan barang yang di butuhkan tanpa perlu menunggu lama.
  • Memudahkan pelanggan atau konsumen dalam memilih, membandingkan bentuk, kualitas barang dan jasa yang ditawarkan. Pada umumnya pelanggan tidak hanya ingin mendapatkan barang yang dibutuhkan, namun pelanggan juga menginginkan barang yang lebih dari yang dibutuhkan. Pelanggan biasanya ingin mendapatkan barang dengan kualitas, dan harga yang sesuai dengan keinginannya, sehingga menjadi sebuah keharusan bagi pengecer untuk memberi kenyamanan berbelanja pada pelanggannya. 
  • Menjaga harga jual tetap rendah agar mampu bersaing dalam memuaskan pelanggan.
  • Membangun meningkatkan standar hidup masyarakat. Produk yang dijual dalam usaha ritel bergantung pada apa yang dibeli dan dikonsumsi oleh masyarakat. Upaya promosi yang dilakukan tidak hanya memberikan informasi kepada masyarakat mengenai beragam pro duk barang dan jasa. Upaya promosi pengecer juga dapat meningkat kan keinginan pelanggan untuk membeli suatu produk atau barang. Hasil akhir dari promosi pengecer ini adalah peningkatan standar hidup dan penjualan produk. Adanya usaha ritel memungkinkan untuk melakukan produksi besar-besaran. Produksi secara besar-besaran ini tidak akan berjalan jika sistem pengecer tidak efektif. Hal ini tentu saja berimbas pada penjualan produk kepada konsumen atau pelanggan.

Comments

Edukasi Terpopuler

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved