Skip to main content

Unsur-unsur Organisasi pada Bisnis Ritel

Suatu organisasi tidak terlepas dari pengaruh lingkungan yang ada di sekitarnya. Lingkungan merupakan sumber pemasok input organisasi, dan juga sebagai penerima output dari organisasi itu sendiri. Dari lingkungan suatu organisasi memperoleh bahan-bahan atau material yang diperlukan, baik fisik maupun non-fisik, dan dari lingkungan juga organisasi menang kap cita-cita, tujuan, kebutuhan dan harapan. Lingkungan juga merupakan tempat pelemparan keluaran-keluaran berupa barang-barang atau jasa-jasa hasil olahan organisasi (Cardoso, 1999).

Unsur-unsur Organisasi

Organisasi mempunyai unsur-unsur tertentu dan unsur-unsur inilah yang membedakan suatu organisasi dari organisasi yang lain. Ketika orang membicarakan tentang organisasi, biasanya langsung terbayang dalam pikiran bagaimana bentuk organisasi tersebut beserta tujuan tujuannya. Unsur-unsur utama yang sering dijadikan pedoman untuk membedakan suatu organisasi dengan organisasi yang lain adalah Tujuan-tujuan (goals), Teknologi (technology), Struktur (structure).

Ketiga unsur organisasi di atas sangat dipengaruhi oleh komponen komponen lingkungan organisasi tersebut, seperti kebutuhan-kebutuhan masyarakat, sumber daya yang tersedia, pengetahuan, nilai-nilai sosial dan politik yang ada, dan lain-lain. Unsur-unsur organisasi selanjutnya berpengaruh terhadap peranan dan perilaku manajer. Sebaliknya peranan dan perilaku manajer memengaruhi tu juan, teknologi, dan struktur organisasi, dan selanjutnya yang satu ini akan memengaruhi lingkungan beserta segenap komponennya. Kaitan antara komponen-komponen tersebut dapat dijelaskan mela lui gambar berikut:

Keterangan:

  • Berdasarkan tujuan, orang dapat membedakan organisasi yang mencari keuntungan (profit organizations), organisasi yang tidak mengutamakan keuntungan (non-profit organizations), organisasi publik dan organisasi swasta, organisasi sektarian dan organisasi non-sektarian, dan lain-lain. 
  • Berdasarkan teknologi atau cara-cara bagaimana suatu organisasi mengerjakan dan mencapai hasil-hasil yang dikehendakinya, orang dapat membedakan organisasi berdasarkan sistem mekanik, otomasi, komputerisasi, bahkan mungkin robotisasi. Ada organisasi yang masing sangat sederhana dalam penggunaan teknologi, ada organisasi yang sudah jauh lebih canggih dalam menyerap dan memanfaatkan teknologi.
  • Berdasarkan struktur organisasi, orang dapat membedakan organisasi yang besar dengan struktur yang sangat piramid, kaku, rasional dan sentralistik, dengan organisasi kecil yang memiliki struktur sederhana dan fleksibel.

Comments

Edukasi Terpopuler

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved