Skip to main content

Mendiskusikan strategi periklanan yang paling penting dan menggambarkan kunci media periklanan

Mendiskusikan strategi periklanan yang paling penting dan menggambarkan kunci media periklanan. 

Iklan adalah komunikasi non-pribadi yang dibayar, digunakan oleh sponsor yang tertentu untuk menginformasikan kepada audiens tentang produk. Strategi iklan yang digunakan untuk sebuah produk sering sangat bergantung pada tahap daur hidup mana produk itu berada. Ketika produk dibangun dan persaingan meningkat, pemasang iklan bisa memilih salah satu dari tiga strategi: 

  • (1) Iklan persuasif berusaha untuk memengaruhi konsumen membeli produk satu perusahaan dan bukan produk perusahaan pesaing. 
  • (2) Dalam iklan perbandingan, dua atau lebih produk langsung dibandingkan, tujuannya adalah untuk mengambil alih bisnis pesaing. 
  • (3) Iklan pengingat membantu menjaga nama produk tetap berada dalam pikiran publik.

Tenaga pemasaran menggunakan beberapa media iklan berbeda - - alat komunikasi tertentu untuk membawa pesan penjual ke pelanggan potensial. Berikut ini adalah media iklan yang paling umum:

  • (1) Televisi: Medium yang paling luas digunakan, TV menjangkau paling banyak orang. Pengetahuan tentang demografi untuk satu pertunjukan memungkinkan pemasang iklan mengarah ke audiens sasaran. Namun TV itu mahal, dan karena ada begitu banyak siaran iklan TV, para pemirsa sering bingung dengan produk.
  • (2) Surat kabar: Surat kabar itu fleksibel, dan iklan dapat diubah dari hari ke hari. Akan tetapi, surat kabar umumnya dibuang setelah satu hari, dan lingkup pembacanya yang luas menimbulkan kesulitan untuk mencapai audiens sasaran.
  • (3) Pos langsung: Pos langsung mencakup brosur atau jenis iklan cetak lain yang dikirim langsung ke rumah atau tempat-tempat bisnis. Pesan dapat dibuat menurut selera, dan para penerima yang berminat lebih mungkin membeli. Akan tetapi, surat-langsung tidak terlalu efektif biayanya.
  • (4) Radio: Banyak orang mendengar radio, dan iklannya tidak mahal. Selain itu, audiens umumnya tersegmentasi menurut pilihan pendengar (seperti musik, rock'n roll, atau talk shows). Sayangnya, iklannya cepat, dan orang cenderung menggunakan radio sebagai suara latar belakang sambil mengerjakan sesuatu yang lain.
  • (5) Majalah: Banyaknya jenis majalah memberikan segmentasi. Majalah memberikan banyak ruang untuk informasi yang rinci, dan karena majalah lebih lama waktu bacanya dan diteruskan dari orang ke orang, maka iklan mendapatkan yang terus menerus. Akan tetapi, iklan harus diajukan sebelumnya, dan sering tidak ada jaminan soal di bagian mana iklan tersebut akan muncul.
  • (6) Iklan luar ruangan: Iklan luar ruangan tidak mahal dan mendapatkan paparan berulang yang tinggi. Teknologi baru juga membuat iklan di tempat terbuka menjadi lebih kreatif. Akan tetapi, iklan di tempat terbuka hanya bisa menyajikan sejumlah informasi yang terbatas, dan penjual tidak dapat banyak mengendalikan audiens.
  • (7) Iklan Internet: Walaupun konsumen tidak ingin membaca habis halaman-halaman elektronik untuk melihat ratusan produk, iklan Internet yang bersasaran digemari karena data pengguna dapat dikumpulkan secara elektronik. Melalui penggalian data dan pergudangan data, e-marketers dapat mengumpulkan banyak data tentang perilaku pembeli dan selanjutnya mengirimkan iklan yang sesuai untuk produk-produk yang mungkin akan dibeli konsumen.
  • (8) Periklanan Maya: Periklanan maya memasukkan secara digital merek atau produk ke dalam program rekaman atau langsung. Dengan demikian produk pengiklan dapat muncul sebagai bagian dari pertunjukan TV, saat permirsa memberi perhatian lebih besar, dan bukan selama jeda iklan.

Saluran iklan lain mencakup catalog, handouts di pinggir jalan, Yellow Pages, skywriting, telepon, peristiwa khusus, dan komunikasi dari rumah ke rumah. Kombinasi media yang digunakan perusahaan untuk memasang iklan adalah bauran media. Industri yang berbeda menggunakan bauran yang berbeda, dan kebanyakan bergantung pada sejumlah media dan bukan hanya pada satu media untuk menjangkau audiens sasaran.

Kampanye iklan adalah pengaturan iklan di media terpilih untuk menjangkau audiens sasaran. Kampanye iklan mencakup beberapa kegiatan yang digunakan bersama untuk menetapkan program untuk mencapai tujuan pemasaran. Kampanye iklan mencakup enam langkah sebagai berikut: 

  • (1) Mengidentifikasi audiens sasaran; 
  • (2) Menetapkan anggaran iklan; 
  • (3) Menentukan tujuan pesan iklan; 
  • (4) Menciptakan pesan iklan; 
  • (5) Memilih media yang tepat; dan 
  • (6) Menilai efektivitas iklan. Biro iklan perusahaan independen yang memberikan beberapa atau semua kebutuhan iklan klien memberikan layanan khusus untuk membantu mengembangkan kampanye.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved