Skip to main content

Mengidentifikasi produk dan membedakan antara produk konsumsi dan produk industri, dan menjelaskan bauran produk

Mengidentifikasi produk dan membedakan antara produk konsumsi dan produk industri, dan menjelaskan bauran produk. Produk adalah barang, jasa, atau gagasan yang dipasarkan untuk mengisi kebutuhan dan keinginan konsumen. Pelanggan membeli produk karena nilai yang ditawarkannya. Dengan demikian, produk yang berhasil merupakan paket nilai yang memberikan ciri khas yang benar serta manfaat yang tepat. Ciri khas adalah ciri, berwujud dan tak-berwujud, yang dibangun perusahaan ke dalam produk-produknya (seperti motor bertenaga 12-horsepower pada mesin pemotong rumput untuk halaman). Agar dapat dijual, ciri khas juga harus memberikan manfaat (katakan, halaman yang menarik).

Kita dapat mengklasifikasi produk menurut dua kelompok pembeli yang diharapkan: 

(1) Produk konsumsi dibagi menjadi tiga kategori yang mencerminkan perilaku pembali: 

  • (i) Barang sehari hari (seperti susu dan surat kabar) dan jasa sehari hari (seperti yang ditawarkan oleh restoran makanan siap saji) bersifat tidak mahal dan sering dibeli dengan sedikit waktu dan usaha. 
  • (ii) Barang belanja (seperti stereo dan ban) dan jasa belanja dan (seperti asuransi) bersifat lebih mahal; konsumen sering membandingkan berbagai merek dan mengevaluasi berbagai alternatif. 
  • (iii) Barang khusus (seperti gaun pengantin) dan jasa khusus (seperti catering untuk resepsi pernikahan) adalah pembelian yang penting dan mahal; konsumen biasanya mengambil keputusan persis atas apa yang mereka inginkan dan tidak menerima pengganti.

(2) Tergantung pada seberapa besar harganya dan bagaimana akan digunakan, produk-produk industri dapat dibagi menjadi dua kategori: 

  • (i) Barang biaya beban adalah barang dan jasa yang dikonsumsi dalam setahun oleh perusahaan perusahaan yang memproduksi barang atau jasa lain. 
  • (ii) Barang modal adalah barang dan jasa yang permanen (yang mahal dan bertahan lama). Jasa modal adalah jasa yang mendapatkan komitmen jangka panjang.

Kelompok produk yang disediakan perusahaan untuk dijual, apakah barang konsumen, industrial, atau keduanya, adalah bauran produknya. Kelompok produk yang serupa yang dimaksudkan untuk pembeli yang serupa tetapi tidak identik yang akan membeli dengan cara yang sama disebut lini produk. Bila perusahaan berekspansi melebihi lini produk yang ada, hasilnya adalah multiple (or diversified) product lines, yang memungkinkan perusahaan cepat tumbuh dan dapat membantu mengimbangi konsekuensi penjualan yang lamban atas lini produk mana pun.

Comments

Edukasi Terpopuler

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved