Skip to main content

Makanan burung kenari supaya gacor, warna cemerlang, dan membatu perkembangan alat reproduksi

Sesuai kehidupan alami dan bentuk paruhnya, burung ke nari ditakdirkan sebagai burung pemakan biji-bijian. Namun demikian burung kenari juga suka makan sayuran, daun muda, dan buah-buahan. Tiga jenis makanan terakhir ini membantu burung kenari untuk menjaga keseimbangan pencernaan dan kesehatannya.

Pada umumnya burung kenari diberi makan biji-bijian dari jenis sebagai berikut:

  • Biji beras merah
  • Menir jagung 
  • Biji juwawut (otek) 
  • Biji sawi, biji lobak
  • Biji selada 
  • Biji canary seed 
  • Biji meallet putih dan merah.

Sedangkan sayur-sayuran yang diberikan untuk burung kenari antara lain:

  • Selada air
  • Sawi
  • Bayam
  • Daun som jawa, daun tempuyung, dan kumis kucing
  • Buah gambas, apel, wortel, tomat
  • Kencur, jeruk
Sedangkan untuk menambah protein hewani, burung kenari diberi makan antara lain:

  • Kuning telur rebus, bisa telur ayam atau burung puyuh
  • Telur semut ngangkrang (kroto). 
  • Tepung kepala udang, simping kerang. 
  • Madu tawon, tepung jangkrik, atau tepung belalang

Masing-masing bahan yang berbeda itu ditaruh pada tempat yang berbeda. Tidak dicampur aduk. Hidangan utama burung kenari adalah biji bijiannya dan kemudian secara secara insting mereka akan menambahkan, misalnya buah-buahan untuk mendapatkan vitamin yang cukup ataupun kebutuhan serat kasarnya.

Secara insting mereka akan memakan bahan yang mengandung protein hewani untuk menambah vitalitas dan keperluannya akan mineral penting untuk kesehatannya.

Makanan yang diberikan haruslah yang berkualitas baik mengingat mereka hanya makan sedikit saja. Apabila diben biji-bijian yang kotor, berdebu dan berlumpur, burung kenari akan terganggu kualitas suaranya.

Sebaiknya jangan memberikan makanan secara berlebihan. Jangan memberi banyak hanya agar seminggu kemudian baru mengisinya lagi. Hal seperti ini kerap menimbulkan gangguan kesehatan pada burung yang dipelihara Sebaiknya berikan makanan untuk satu atau dua hari habis. Bila habis, berikan yang baru lagi, yang fresh dan bersih. Kadang hal ini jarang diperhatikan peternak burung kenari karena menganggapnya sepele. Belum lagi bila sampai tumbuh jamur berbahaya yang dapat mengakibatkan berjangkitnya penyakit jamur.

Sebaiknya tempat makanan dijauhkan dari tempat minum agar tempat makan tidak terbasahi oleh air minumnya. Biasanya tempat makan ditaruh di atas sedangkan tempat minum ditaruh di dasar sangkar. Kalau makanan dan minuman diberikan dengan alat semi otomatis maka akan banyak membantu perawatan dan pemberian makannya Akan mengurangi tenaga yang berlebihan apabila sangkar burung kenarinya banyak sekali.

Sebaiknya biji-bijian yang jatuh di alas sangkar langsung dibuang. Jangan dicuci kembali dan kemudian dikeringkan untuk diberikan lagi ke burung kenari. Hal itu akan membahayakan kesehatannya.

Kondisi seperti itu biasa terjadi bila tempat makan terlalu lebar sehingga makanan di dalamnya dikorek korek dan digunakan untuk bermain sehingga banyak yang jatuh dan tersebar di alas sangkar.

Makanan yang dibutuhkan oleh burung kenari adalah:

  • Protein, berfungsi bahan untuk pertumbuhan tubuh, untuk mengganti jaringan dan sel-sel yang rusak, dan membantu pembentukan darah, enzim, hormon dan antibody, dan sebagai bahan pembentuk telur. Di dalam makanan burung kenari harus mengandung paling sedikit 12% protein. Canary seed sudah mengandung 11,9 % protein di dalamnya.
  • Karbohidrat, bersumber dari golongan pati-patian dan gula. Karbohidrat sangat diperlukan untuk pembentukan energi dan untuk menghangatkan tubuh.
  • Lemak, berfungsi untuk membantu pembentukan energi dan menghangatkan tubuh. Juga sebagai pembawa vitamin A, D, E sebagai vitamin untuk fertilitas burung tersebut. Canary seed mengandung 4,5 % lemak. 
  • Mineral Calsium dan Phosphor sangat penting bagi tubuh burung kenari dan harus ada di dalam makanan sehari-harinya, berfungsi untuk pembentukan tulang dan kerabang kulit telur. Mineral lainnya hanya dibutuhkan dalam jumlah yang kecil untuk membantu metabolisme tubuh agar tetap sehat. 
  • Vitamin, merupakan material organik, biasa terdapat di dalam makanan dalam jumlah yang sangat kecil, sangat diperlukan untuk kesehatan. 

Pemberian pelet harus hati-hati. Pilih pelet dengan kadar protein tidak lebih dari 16%. Bila diberi pelet dengan kadungan protein lebih dari 17 % maka kenari justru cenderung mengalami gangguan kesehatan yang disebut Canary gout atau penyakit asam urat. Protein yang berlebihan akan menaikkan kadar nitrogen di dalam darah yang lama-kelamaan akan menjadi asam urat. Pilih pelet yang kadar proteinnya rendah. Jangan pilih pelet dari jenis starter ayam atau yang lain karena kandungan proteinnya 21-23%

Pakan Khusus untuk Membuat Burung Kenari Menjadi Merah Oranye

Warna bulu burung kenari sangat dipengaruhi oleh makanan yang diberikan untuk burung tersebut. Oleh sebab itu, peternak ataupun pemilik burung harus mengetahui dengan pasti jenis-jenis makanan yang dapat membuat warna burung kenari menjadi lebih cemerlang atau lebih merah.

  • Burung kenari yang berbulu kemerahan dapat ditingkatkan men jadi oranye atau merah dengan memberikan makanan yang me ngandung Beta Carotene (provitamin A), misalnya dengan sering diberi wortel.
  • Untuk yang berwarna kuning maka dapat diberi kunyit
  • Kalau warnanya cenderung kehijauan maka dapat diberi sayur sayuran, misalnya daun selada

Ada produk yang dapat dengan cepat mengubah burung kenari yang berwarna kuning menjadi merah darah. Barang impor ini harganya mahal. Produk tersebut bernama Canthaxanthine dan Beta Carotene Produk ini terbagi menjadi berbagai jenis, yaitu:

  • Carotene Yellow. 
  • Carotene Oranye. 
  • Carotene Red.
  • Canthophyllis,
  • Canthoxanthadine.
  • Canthaxathine 10%.

Semua produk di atas dapat mempercepat perubahan warna bulu kenari secara instan karena berupa konsentrat sehingga kadar karotennya sangat tinggi. Apabila diberikan setiap hari maka 2-3 minggu kemudian akan terlihat beberapa area bulu sayap mulai berwarna merah. Apabila diteruskan maka akan meluas ke seluruh tubuh menjadi merah. Hal ini sungguh sangat menakjubkan.

Perlu diingat bahwa apabila pemberian karoten dihentikan maka dalam tempo 3 bulan, warna merah tersebut akan mulai pudar dan kembali ke warna aslinya. Apabila pemberian karoten dilanjutkan maka warna tersebut akan timbul kembali.

Beta Carotene Yellow

Carotene yellow powder berwarna kuning telur, berfungsi untuk mewarnai bulu burung kenari hingga menjadi kuning tua yang sangat cemerlang. Kalau burung kenari sudah berwarna kuning akan tetapi kurang indah dan kurang menarik maka dapat diberikan Carotene yellow secukupnya. Dengan begitu maka akan menjadi lebih tua dan cemerlang. Di sini kita tidak membutuhkan dosis yang tinggi karena basisnya sudah kuning.

Beta Carotene Oranye

Carotene oranye merupakan bubuk berwarna oranye, berfungsi untuk mewarnai bulu burung kenari menjadi berwarna oranye yang manyala dan cemerlang. Kalau burung kenarinya sudah berwarna kuning tetapi kurang indah dan kurang menarik maka dapat diberi carotene oranye ini secukupnya sehingga akan menjadi oranye dan cemerlang. Warnanya sungguh sangat menakjubkan.

Beta Carotene Red

Carotene red powder berwarna merah tua, berfungsi mewarnai bulu burung kenari menjadi merah atau merah tua yang cemerlang. Apabila burung kenari sudah berwarna kuning tetapi kurang indah dan kurang menarik, berikan carotene merah ini secukupnya. Dengan begitu maka akan menjadi merah cemerlang atau merah tua. Kesemuanya itu tergantung lama pemberiannya.

Pewarna ini merupakan obat herbal, hasil estrak buah-buahan yang berwarna merah yang kemudian dijadikan powder sehingga tidak beracun, bahkan menyehatkan karena kandungan vitamin A-nya tinggi.

Powder ini dapat dipakai untuk semua warna burung kenari, tidak hanya yang polos saja. Warna bulu yang lurik-lurik atau yang totol-totol akan menjadi merah pada dasarnya dengan warna lurik atau totol hitam atau cokelat tua. Sangat indah untuk dilihat dan dinikmati.

Sayangnya powder ini sulit ditemui di kota-kota kecil karena harganya mahal. Kemasan terkecil satu kiloan, harganya jutaan. Sebetulnya pema kaiannya sedikit sekali, 1-2 gram saja sudah cukup. Akan tetapi tidak da pat beli eceran. Sebetulnya kemasan orisinal impor adalah 5 kg, dikemas di dalam kaleng yang kuat.

Untuk memakai Canthaxatihine dapat memakai dosis 0,05-0,10 gram. dicampur 500 gram makanannya yang diberikan. Dapat juga dicampur telur rebus yang dihaluskan atau pelet yang dilunakkan, diberikan seminggu sebelum molting atau boleh juga tepat pada saat mulai molting. 

Menir Jagung Membantu Perkembangan Alat Reproduksi Burung Kenari

Yellow corn, beras jagung kuning, mengandung Mineral:


Dilihat dari komposisinya, beras atau menir jagung kuning sangat cocok untuk diberikan sebagai campuran makanan burung kenari karena semua kebutuhan burung untuk dapat mendukung proses breeding secara normal sudah mencukupi tanpa mengalami gangguan metabolisme apa-apa.

Jagung membantu banyak hal pada kehidupan burung kenari, antara lain:

  • Membantu pertumbuhan bulu.
  • Membantu meningkatkan kualitas bulu, misalnya menjadi mengilat dan lembut. Hal ini karena jagung mengandung asam linoleat yang cukup.
  • Mencukupi kebutuhan breeding sehingga burung kenari yang habis menyapih anaknya apabila diberi jagung akan cepat bertelur kembali.
  • Kebutuhan akan vitamin sebagian besar telah tercukupi. 
  • Dengan adanya karoten maka akan membuat warna burung kenari menjadi lebih cemerlang. 
  • Mencegah terjadinya penyakit egg binding. 
  • Meningkatkan fertilitas telur. 
  • Harganya lebih murah dibanding Canary seed dan Meallet.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved