Skip to main content

Persamaan dan perbedaan Malvaceae dengan Zingiberaceae

Beginisob, apakah kamu sekarang sedang mencari jawaban tentang pertanyaan Jelaskan persamaan dan perbedaan Malvaceae dengan Zingiberaceae? Beginisob penjelasannya. 

Persamaan Malvaceae dengan Zingiberaceae

Berikut ini adalah persamaan tumbuhan Malvaceae dengan Zingiberaceae adalah:

1. Merupakan tumbuhan berbiji/ Spermatophyta. 

Merupakan tumbuhan berbiji/ Spermatophyta adalah yang menandakan bahwa tumbuhan ini memiliki sistem reproduksi yang menggunakan biji yang mengandung zat gizi untuk tumbuh.

2. Merupakan tumbuhan berbunga. 

Tumbuhan berbunga adalah yang menandakan bahwa tumbuhan ini dapat melewati proses reproduksi melalui teknik pembungaan.

3. Fertilisasi ganda

Fertilisasi ganda adalah yang menandakan bahwa tumbuhan ini dapat mengalami proses reproduksi melalui teknik pelepasan pollen dari satu bunga ke bunga lain. Hal ini menyebabkan tumbuhan memerlukan dua jenis bunga untuk membantu proses reproduksi.

Perbedaan Malvaceae dengan Zingiberaceae

Tanaman Malvaceae dengan Zingiberaceae adalah dua jenis tanaman yang berbeda. Kedua tanaman ini memiliki fitur dan sifat yang berbeda, namun mereka tetap masuk kedalam famili tumbuhan yang sama. Tanaman Zingiberaceae termasuk dalam suku temu-temuan contohnya jahe, sedangkan tanaman Malvaceae termasuk dalam suku kapas-kapasan contohnya tanaman kapas. Berikut adalah perbedaan antara Malvaceae dengan Zingiberaceae.

1. Akar

Zingiberaceae memiliki akar rhizoma yang berbentuk seperti tali. Rhizoma ini tumbuh di bawah tanah dan memiliki cabang-cabang yang menyebar di sekitarnya. Sedangkan Malvaceae memiliki akar tunggang yang biasanya tumbuh di permukaan tanah.

2. Batang

Zingiberaceae tidak memiliki batang berkambium, tetapi batangnya berbentuk rhizoma. Sedangkan Malvaceae memiliki batang berkambium, batangnya berbentuk tegak dan berkayu.

3. Bunga

Zingiberaceae memiliki bunga yang kecil dan berbentuk bulat. Bunga ini tumbuh di ujung batang. Sedangkan Malvaceae memiliki bunga yang besar dan membentuk corong. Kelopak bunganya bersatu dan jumlah mahkotanya lima. 

4. Benang sari

Zingiberaceae tidak memiliki benang sari. Sedangkan Malvaceae memiliki banyak benang sari yang tersambung dengan putik. 

Comments

Edukasi Terpopuler

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved