Skip to main content

Jelaskan 3 Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Antarnegara

Jelaskan 3 faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antarnegara. 

Ada beberapa faktor yang dapat mendorong terjadinya perdagangan antarnegara, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Keunggulan absolut: Merupakan keunggulan yang diperoleh suatu negara dari produksi suatu barang atau jasa yang lebih efisien dibandingkan dengan negara lain. Negara yang memiliki keunggulan absolut akan cenderung mengekspor barang atau jasa tersebut ke negara lain.

2. Keunggulan komparatif: Merupakan keunggulan yang diperoleh suatu negara dari produksi suatu barang atau jasa dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan negara lain. Negara yang memiliki keunggulan komparatif akan cenderung mengekspor barang atau jasa tersebut ke negara lain.

3. Faktor-faktor ekonomi lainnya: Faktor-faktor seperti tingkat pendapatan, tingkat inflasi, tingkat suku bunga, tingkat kemakmuran, dan sebagainya dapat mempengaruhi terjadinya perdagangan antarnegara. Jika suatu negara memiliki tingkat pendapatan yang tinggi, maka negara tersebut akan cenderung mengekspor barang dan jasa ke negara lain. Begitu juga sebaliknya, jika suatu negara memiliki tingkat inflasi yang tinggi, maka negara tersebut akan cenderung mengekspor barang dan jasa ke negara lain.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved