Skip to main content

Mengapa Ilmu Sejarah Bersifat Diakronis dan Sinkronis?

Beginisob, jika kamu sedang mencari Jawaban dari pertanyaan jelaskan mengapa ilmu sejarah bersifat diakronis dan sinkronis? Beginisob jawabannya:

Ilmu sejarah dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu diakronis dan sinkronis. Kedua jenis ini mengacu pada cara pandang yang digunakan dalam menganalisis dan mengevaluasi sejarah.

Ilmu sejarah diakronis menganalisis peristiwa sejarah dengan mengacu pada periode waktu yang berbeda. Analisis ini dilakukan dengan membandingkan peristiwa sejarah yang terjadi pada waktu yang berbeda, tanpa memperhatikan kaitan antar peristiwa tersebut. Contohnya, sejarah peradaban Mesir kuno dapat dianalisis secara diakronis dengan membandingkan peradaban pada masa kerajaan Firaun dengan peradaban pada masa kerajaan Cleopatra.

Sedangkan ilmu sejarah sinkronis menganalisis peristiwa sejarah dengan mengacu pada periode waktu yang sama. Analisis ini dilakukan dengan membandingkan peristiwa sejarah yang terjadi pada waktu yang sama, di berbagai wilayah geografis. Contohnya, sejarah perkembangan agama di dunia dapat dianalisis secara sinkronis dengan membandingkan perkembangan agama pada masa yang sama di wilayah Asia, Eropa, dan Afrika.

Kedua jenis analisis ini penting karena memberikan pandangan yang berbeda dalam mengevaluasi sejarah. Analisis diakronis dapat memberikan gambaran perkembangan sejarah dari masa ke masa, sementara analisis sinkronis dapat memberikan gambaran tentang perbandingan sejarah di wilayah yang berbeda pada waktu yang sama.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved