Skip to main content

Perbedaan Antara Meteoroid, Meteor, dan Meteorit adalah

Jelaskan perbedaan antara meteoroid, meteor, dan meteorit? 

Meteoroid adalah benda kecil di luar angkasa yang terdiri dari batu atau logam. Mereka bisa berasal dari asteroid atau komet yang terpisah, atau mungkin bahkan dari debu yang terjebak di tata surya kita. Meteoroid kecil biasanya terlalu kecil untuk dapat terlihat, tetapi yang lebih besar dapat terlihat sebagai bintang jatuh ketika mereka masuk ke atmosfer Bumi.

Meteor adalah fenomena yang terjadi ketika meteoroid masuk ke atmosfer Bumi dan terbakar karena gesekan dengan udara yang cepat. Ini menyebabkan meteor terlihat sebagai garis cahaya yang menyilaukan yang melintasi langit malam. Meteor sering disebut "bintang jatuh" karena terlihat seperti bintang yang jatuh dari langit.

Meteorit adalah sisa dari meteoroid yang sampai ke permukaan Bumi. Ini bisa berupa batu atau logam yang terbakar saat melalui atmosfer Bumi. Meteorit bisa sangat kecil atau sangat besar, tergantung pada ukuran meteoroid aslinya. Beberapa meteorit terkenal sangat besar, seperti Meteor Crater di Arizona, yang diperkirakan dibuat oleh meteorit besar yang jatuh ke Bumi 50.000 tahun yang lalu.

Jadi, perbedaan utama antara meteoroid, meteor, dan meteorit adalah lokasinya. Meteoroid adalah benda kecil di luar angkasa, meteor adalah fenomena yang terjadi ketika meteoroid masuk ke atmosfer Bumi, dan meteorit adalah sisa dari meteor yang jatuh ke permukaan Bumi.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved