Skip to main content

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Ada beberapa faktor yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin. 

Faktor yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia

Berikut adalah beberapa faktor tersebut:

1. Kondisi perang dan konflik politik

Pada masa kemerdekaan, Indonesia masih mengalami perang kemerdekaan dan konflik politik antara kelompok-kelompok politik yang berbeda. Hal ini menyebabkan banyak daerah di Indonesia menjadi tidak stabil dan menghambat pembangunan ekonomi.

2. Kurangnya modal dan infrastruktur

Setelah merdeka, Indonesia mengalami kesulitan dalam membangun infrastruktur dan mendapatkan modal untuk membangun industri. Hal ini menghambat pertumbuhan ekonomi karena produksi tidak dapat ditingkatkan secara signifikan.

3. Perubahan sistem ekonomi

Pada masa demokrasi parlementer, Indonesia mengadopsi sistem ekonomi liberal yang mengizinkan masuknya modal asing dan privatisasi. Hal ini menyebabkan banyak perusahaan milik negara dijual ke perusahaan asing dan menyebabkan terjadinya inflasi.

4. Krisis ekonomi global

Pada masa demokrasi terpimpin, Indonesia mengalami krisis ekonomi global yang mempengaruhi banyak negara di dunia. Krisis ini menyebabkan Indonesia mengalami krisis moneter, melemahnya nilai tukar rupiah, dan mengalami inflasi yang sangat tinggi.

5. Kebijakan ekonomi yang tidak efektif

Selama masa-masa tersebut, kebijakan ekonomi yang diambil oleh pemerintah seringkali tidak efektif dan tidak terkoordinasi dengan baik. Hal ini menyebabkan banyak proyek pembangunan yang tidak berhasil, dana pemerintah dihamburkan dengan sia-sia, dan munculnya korupsi.

Dalam rangka memperbaiki kondisi perekonomian, Indonesia melakukan berbagai reformasi dan pembangunan pada masa selanjutnya.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved