Skip to main content

Bagian pada kamera foto yang berfungsi untuk merekam benda disebut

Bagian pada kamera foto yang berfungsi untuk merekam benda disebut? 

Bagian pada kamera foto yang berfungsi untuk merekam benda disebut lensa atau kaca lensa. Lensa pada kamera foto berfungsi untuk mengumpulkan cahaya dari objek yang diambil dan membentuk citra pada media perekam seperti sensor atau film. Selain lensa, bagian-bagian lain pada kamera foto yang berkontribusi untuk merekam gambar termasuk sensor gambar, diafragma, shutter, dan prosesor gambar.

Bagian-bagian pada kamera foto yang berperan penting dalam merekam gambar

Berikut adalah penjelasan singkat tentang bagian-bagian pada kamera foto yang berperan penting dalam merekam gambar:

1. Lensa

Lensa pada kamera foto berfungsi untuk mengumpulkan cahaya dari objek yang diambil dan membentuk citra pada media perekam seperti sensor atau film. Lensa yang baik akan memberikan citra yang tajam, jernih, dan dengan sedikit distorsi.

2. Sensor gambar

Sensor gambar adalah bagian penting dari kamera digital modern. Sensor ini mengambil cahaya yang dikumpulkan oleh lensa dan mengubahnya menjadi sinyal digital yang kemudian dapat diolah oleh prosesor gambar.

3. Diafragma

Diafragma berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam kamera melalui lensa. Diafragma terdiri dari beberapa bilah yang membuka atau menutup untuk mengatur ukuran lubang yang memungkinkan cahaya masuk ke dalam kamera.

4. Shutter

Shutter pada kamera foto berfungsi untuk mengontrol waktu pemaparan saat mengambil gambar. Saat tombol rana ditekan, shutter akan membuka untuk membiarkan cahaya masuk ke sensor selama beberapa detik atau fraksi detik, kemudian menutup untuk mengakhiri paparan.

5. Prosesor gambar

Prosesor gambar merupakan otak dari kamera digital, yang memproses sinyal digital dari sensor gambar menjadi gambar yang siap digunakan. Prosesor gambar juga dapat digunakan untuk memperbaiki gambar dan memberikan efek kreatif seperti pencahayaan dan saturasi warna.

Comments

Edukasi Terpopuler

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved