Skip to main content

Dampak negatif alih fungsi lahan pertanian pada wacana adalah

Lahan produktif di kota M semakin berkurang 10 hektare setiap tahun. Selain dibangun gedung perkantoran, lahan pertanian dialihfungsikan menjadi lahan permukiman dan pusat pertokoan. Kondisi ini mengganggu swasembada pangan karena lahan pertanian berkurang. Alih fungsi lahan menyebabkan hasil pertanian menurun.

Dampak negatif alih fungsi lahan pertanian pada wacana adalah...

a. banyak buruh tani kehilangan pekerjaan

b. produksi pangan nasional menurun

c. angka urbanisasi semakin tinggi

d. harga pangan semakin mahal

Dampak negatif alih fungsi lahan pertanian pada wacana adalah terjadinya produksi pangan nasional yang menurun (jawaban b).

Penurunan lahan produktif pertanian di kota M akibat alih fungsi lahan dapat mengganggu swasembada pangan karena lahan pertanian yang tersisa menjadi semakin sedikit. Kurangnya lahan untuk bercocok tanam akan membatasi jumlah produksi pangan, sehingga akan mengakibatkan penurunan produksi pangan nasional. Penurunan produksi pangan nasional dapat berdampak pada kenaikan harga pangan dan dapat memperparah ketidakmampuan sebagian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Meskipun alih fungsi lahan juga dapat menyebabkan buruh tani kehilangan pekerjaan (jawaban a), namun dampak ini merupakan dampak sosial yang lebih spesifik dan tidak terkait langsung dengan wacana swasembada pangan nasional. Selain itu, alih fungsi lahan juga dapat menyebabkan angka urbanisasi semakin tinggi (jawaban c) karena mempengaruhi perubahan pola hidup dan pekerjaan masyarakat. Namun, dampak ini juga tidak terkait langsung dengan wacana swasembada pangan nasional. Dan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dampak utama dari alih fungsi lahan pada wacana ini adalah menurunnya produksi pangan nasional.

Comments

Edukasi Terpopuler

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved