Skip to main content

Jelaskan kondisi hubungan Indonesia dengan salah satu negara maju di dunia dalam aspek ekonomi dan politik!

Jelaskan kondisi hubungan Indonesia dengan salah satu negara maju di dunia dalam aspek ekonomi dan politik! Berikut ini akan kami jelaskan hubungan Indonesia dengan beberapa negara maju seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Inggris. 

1. Jepang

Berikut ini kondisi hubungan Indonesia dengan Jepang dalam aspek ekonomi dan politik!

Aspek ekonomi

Jepang dan Indonesia telah lama menjalin kerja sama dalam bidang ekonomi. Indonesia merupakan eksportir terbesar ke-7 ke Jepang. Posisi pertama China, berikutnya AS, Australia, Arab Saudi, UEA, dan Korea.Sementara itu, Jepang merupakan investor asing terbesar di Indonesia. Sekitar 1.000 perusahaan Jepang beroperasi di Indonesia dengan mempekerjakan sekitar 32.000 pekerja Indonesia (BKPM, 2012). Jumlah tersebut merupakan yang terbesar dibandingkan dengan jumlah perkerja Indonesia di negara lainnya. 

Ekspor Indonesia ke Jepang umumnya berupa bahan baku industri dan sumber energi. Beberapa komoditas dari Indonesia yang diekspor ke Jepang di antaranya adalah minyak, gas alam cair, batu bara, tekstil, pulp, udang, mesin, dan tekstil. Indonesia mengimpor komoditas dari Jepang di antaranya berupa mesin-mesin dan suku cadang, baja, perlengkapan listrik, plastik dan kimia, alat transportasi, suku cadang mobil, dan elektronik. Untuk mendorong perdagangan dan investasi, pemerintah kedua negara menandatangani persetujuan yang disebut Economic Partnership Agreement (EPA).

Aspek politik

Hubungan politik Indonesia dan Jepang telah berlangsung lama. Jepang pernah menjajah Indonesia pada tahun 1942-1945. Setelah itu, kedua negara sibuk memperbaiki keadaan akibat perang. Hubungan kedua negara terjalin lagi secara resmi pada tahun 1958 melalui penandatangan perjanjian damai Indonesia dan Jepang. Hubungan kedua negara berjalan lancar dan harmonis karena kedua negara menyadari besarnya potensi keuntungan yang bisa diperoleh kedua negara karena hubungan tersebut. Jepang melihat posisi strategis hubungan dengan Indonesia dan negara di Asia Tenggara lainnya. Beberapa keuntungan tersebut adalah seperti berikut. 

  1. Jaminan keamanan lalu lintas ekspor Jepang ke negara lain.
  2. Posisi negara lepas pantai terhadap negara daratan.
  3. Sumber bahan mentah dan energi bagi industri Jepang.
  4. Daerah pemasaran berbagai hasil produksi Jepang. 

2. Amerika Serikat

Berikut ini kondisi hubungan Indonesia dengan 
Amerika Serikat dalam aspek ekonomi dan politik!

Aspek ekonomi

Amerika Serikat merupakan mitra dagang terbesar keempat Indonesia setelah Jepang, China, dan Singapura. Pada tahun 2010, nilai perdagangan Indonesia-Amerika Serikat mencapai 23 miliar dolar AS. Komoditas  perdagangan yang diekspor dari Indonesia adalah getah karet, getah perca, alas kaki, mesin listrik, tekstil, pakaian jadi, barang elektronik, barang hasil industri pakaian, mebel dan perkakas. Sementara itu, ekspor Amerika Serikat ke Indonesia berupa pesawat terbang.

Aspek politik

Hubungan politik Indonesia-Amerika Serikat dalam bidang politik mengalami pasang surut. Pada masa Presiden Soekarno, hubungan Indonesia- Amerika sempat memburuk karena Amerika Serikat dianggap negara kapitalis. Hubungan tersebut pulih pada masa Presiden Soeharto dan kemudian sempat mengalami penurunan pada masa Reformasi dengan adanya embargo militer terhadap Indonesia. Pada tahun 2005, embargo militer dicabut dan selanjutnya hubungan Indonesia-Amerika Serikat makin membaik. Saat ini, telah diluncurkan kemitraan yang menyeluruh atau komprehensif (Comprehensive Partnership) berupa panduan kerja sama RI-AS di bidang demokrasi dan masyarakat sipil, iklim dan lingkungan, perdagangan dan investasi, isu keamanan dan energi.

3. Inggris

Berikut ini kondisi hubungan Indonesia dengan Inggris dalam aspek ekonomi dan politik!

Aspek ekonomi

Hubungan ekonomi dengan Indonesia saat ini terlihat dari adanya hubungan perdagangan kedua negara. Indonesia mengekspor minyak bumi, batu bara, baja, furniture, produk alas kaki, karet alam, mesin cetak, dan pakaian. Inggris mengekspor ke Indonesia berupa gandum, mesin pabrik, produk IT, makanan olahan, dan lain-lain.

Aspek politik

Hubungan Indonesia dan Inggris sempat bergejolak saat Inggris menjadi bagian dari Sekutu yang memiliki paham neoliberal yang ditentang Presiden Soekarno. Pertempuran pernah terjadi di Surabaya ketika tentara Sekutu yang di belakangnya terdapat tentara Belanda bermaksud melucuti senjata Jepang dan milisi sipil Indonesia setelah menyerahnya Jepang kepada Sekutu. Namun, pihak Indonesia mencurigai adanya kepentingan Belanda untuk kembali menjajah Indonesia. Akibatnya, terjadi perang antara tentara Sekutu Indonesia. Pada saat Orde Baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto, hubungan Indonesia Inggris kembali terjalin dengan baik.

Materi pelajaran buku kelas 09 SMP Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa 2018 Kurikulum 2013

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved