Skip to main content

Mengapa jati diri bangsa sebagai nilai luhur bangsa Indonesia harus diwariskan dan dipertahankan keberadaannya? Jelaskan!

Mengapa jati diri bangsa sebagai nilai luhur bangsa Indonesia harus diwariskan dan dipertahankan keberadaannya? Jelaskan!  

Dalam kesimpulannya, jati diri bangsa sebagai nilai luhur bangsa Indonesia harus diwariskan dan dipertahankan keberadaannya karena dapat memperlihatkan keunikan bangsa Indonesia, memberikan arah pembangunan nasional yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dan memperkuat rasa persatuan dan kerjasama di tengah keragaman budaya dan agama yang ada di Indonesia.

Pentingnya Jati Diri Bangsa

Jati diri bangsa sebagai nilai luhur bangsa Indonesia harus diwariskan dan dipertahankan keberadaannya karena memiliki beberapa alasan penting.

  1. jati diri bangsa menunjukkan keberadaan dan keunikan bangsa Indonesia di antara bangsa lain di dunia. 
  2. Jati diri bangsa juga memberikan arah dan tujuan bagi pembangunan nasional yang berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila.
  3. Jati diri bangsa juga memperkuat rasa persatuan dan kerjasama di tengah keragaman budaya dan agama yang ada di Indonesia. 

Begitulah pentingnya mengapa jati diri bangsa sebagai nilai luhur bangsa Indonesia harus diwariskan dan dipertahankan keberadaannya. Berikut ini penjelasan dari poin-poin tersebut. 

1. Dapat memperlihatkan keunikan bangsa Indonesia

Pertama, jati diri bangsa menunjukkan keberadaan dan keunikan bangsa Indonesia di antara bangsa lain di dunia. Sebagai bangsa yang terdiri dari ribuan pulau dengan beragam suku, budaya, bahasa, agama, dan tradisi, Indonesia memiliki jati diri yang khas dan berbeda dari negara lain. Jati diri ini dapat dilihat dari kesenian, kuliner, pakaian adat, dan nilai-nilai yang dipegang oleh masyarakat Indonesia.

2. Memberikan arah pembangunan nasional yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

Kedua, jati diri bangsa memberikan arah dan tujuan bagi pembangunan nasional yang berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki nilai-nilai seperti keadilan sosial, persatuan, dan demokrasi yang menjadi landasan dalam pembangunan nasional. Dengan mempertahankan jati diri bangsa, maka pembangunan nasional dapat diarahkan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan memperkuat kedaulatan nasional.

3. Memperkuat rasa persatuan 

Ketiga, jati diri bangsa juga memperkuat rasa persatuan dan kerjasama di tengah keragaman budaya dan agama yang ada di Indonesia. Dalam menjalankan kehidupan sosial, ekonomi, dan politik, bangsa Indonesia dihadapkan pada tantangan untuk menghargai dan menghormati perbedaan. Jati diri bangsa yang dipertahankan dan diwariskan dapat menjadi pengikat bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk saling menghargai, menjaga kerukunan, dan bekerja sama demi kemajuan bangsa.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved