Skip to main content

Mengapa sebagian besar penduduk Indonesia lebih banyak yang bekerja di sektor pertanian?

Sektor pertanian adalah salah satu sektor ekonomi yang berhubungan dengan produksi tanaman, peternakan, perikanan, dan kehutanan. Sektor ini mencakup semua kegiatan yang terkait dengan produksi bahan makanan dan bahan baku, seperti penanaman, pemeliharaan, panen, pengolahan, dan pemasaran produk pertanian.Sektor pertanian merupakan sektor yang penting bagi perekonomian negara, terutama bagi negara-negara yang memiliki mayoritas penduduknya bekerja di sektor ini. Sektor ini juga berperan penting dalam menyediakan bahan makanan bagi populasi, menciptakan lapangan kerja, dan menyediakan bahan baku bagi industri makanan dan industri lainnya. Mengapa sebagian besar penduduk Indonesia lebih banyak yang bekerja di sektor pertanian?

Faktor yang menyebabkan sebagian besar penduduk Indonesia bekerja di sektor pertanian

Sektor pertanian di Indonesia terdiri dari dua jenis: perkebunan besar dan produksi petani kecil. Sektor pertanian menyediakan lapangan kerja bagi sekitar 44.3% penduduk dan menyumbang sekitar 17.3% dari total pendapatan domestik bruto³. Ada beberapa faktor yang menyebabkan sebagian besar penduduk Indonesia bekerja di sektor pertanian:

1. Kondisi iklim

Kondisi iklim juga merupakan faktor yang mempengaruhi sebagian besar penduduk Indonesia bekerja di sektor pertanian. Indonesia terletak di daerah tropis dan memiliki iklim yang relatif hangat dan lembab sepanjang tahun. Hal ini memungkinkan tanaman untuk tumbuh dengan baik sepanjang tahun, sehingga sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang paling menjanjikan di Indonesia.

2. Keterbatasan lapangan pekerjaan

Indonesia masih memiliki keterbatasan dalam lapangan pekerjaan terutama di daerah pedesaan, sehingga sektor pertanian menjadi pilihan utama untuk mencari penghidupan.

3. Adanya tradisi budaya

Indonesia memiliki tradisi budaya yang kuat dalam bercocok tanam dan berkebun, sehingga sektor pertanian menjadi aktivitas yang familiar dan terus diwariskan dari generasi ke generasi.

4. Potensi besar dalam pertanian

Indonesia memiliki potensi besar dalam sektor pertanian, dengan lahan yang luas dan berbagai macam komoditas pertanian yang dapat dihasilkan. Sehingga sektor ini memiliki potensi besar untuk memberikan penghasilan yang stabil bagi para pekerja.

5. Adanya dukungan pemerintah

Pemerintah Indonesia memberikan dukungan untuk pengembangan sektor pertanian, seperti program pemberian bibit gratis dan bantuan teknologi pertanian, sehingga sektor ini menjadi lebih menarik untuk dijalankan.

Meskipun sektor pertanian masih menjadi sektor utama bagi sebagian besar penduduk Indonesia, tetapi pemerintah juga berupaya untuk mengembangkan sektor lainnya seperti industri dan jasa, sehingga dapat memberikan lapangan pekerjaan yang lebih beragam dan meningkatkan perekonomian negara.

Comments

Edukasi Terpopuler

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved