Skip to main content

Tuliskan tiga keuntungan yang diperoleh bangsa Indonesia melalui kerja sama antarnegara bidang sosial-budaya!

Tuliskan tiga keuntungan yang diperoleh bangsa Indonesia melalui kerja sama antarnegara bidang sosial-budaya! Keikutsertaan Indonesia dalam kerja sama sosial-budaya yang diwujudkan melalui kebudayaan, pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan bidang lainnya telah memberikan manfaat bagi bangsa Indonesia. 

3 Keuntungan Indonesia dari kerja sama antarnegara bidang sosial-budaya

Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Diakuinya Warisan Budaya Indonesia oleh Dunia Internasional
  2. Peningkatan Kegiatan Pariwisata di Indonesia
  3. Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia
Begitulah tiga keuntungan yang diperoleh bangsa Indonesia melalui kerja sama antarnegara bidang sosial-budaya!

1. Diakuinya Warisan Budaya Indonesia oleh Dunia Internasional

Beraneka warisan budaya Indonesia telah diakui oleh PBB, melalui UNESCO, sebagai Warisan Budaya Dunia (World Culture Haritage), seperti batik, wayang, keris, angklung, tari saman, Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Situs Sangiran. Hal ini tentu saja sangat membanggakan bagi rakyat Indonesia.

2. Peningkatan Kegiatan Pariwisata di Indonesia

Keragaman budaya yang dimiliki Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. Hal ini mendorong perkembangan industri pariwisata Indonesia. Menurut data Badan Pusat Statistik, pada tahun 2011, sektor pariwisata menciptakan devisa sebesar US$8,55 miliar atau meningkat 12,5% dari tahun 2010. Kenaikan ini bersumber dari peningkatan jumlah wisatawan mancanegara.

3. Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia

Kerja sama dalam bidang pendidikan merupakan bentuk dari hubungan diplomatik antarnegara yang sifatnya saling menguntungkan. Kerja sama internasional di bidang pendidikan biasanya berupa pertukaran pelajar, beasiswa, pertukaran guru hingga bantuan dana atau hibah. Mutu pendidikan di Indonesia dianggap masih kurang baik sehingga masih perlu belajar banyak dari sistem pendidikan di negara-negara maju. Oleh karena itu, Indonesia menjalin kemitraan dengan berbagai negara, di antaranya Amerika Serikat, Mesir, Jepang, Australia, Jerman. Dengan kerja sama ini, diharapkan terjadi transfer ilmu sehingga mutu pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik.

Materi pelajaran buku kelas 09 SMP Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa 2018 Kurikulum 2013.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved