Skip to main content

Langkah-langkah Model Problem Based Instruction

Model pembelajaran problem based instruction (PBI) adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengembangkan pengetahuan baru bagi siswa melalui proses kerja kelompok yang membutuhkan penyelesaian nyata sehingga membuat siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Bagaimana langkah langkah model pembelajaran problem based instruction? 

Tahapan pembelajaran pada model pembelajaran problem based instruction

Menurut Trianto (2009:98), langkah-langkah atau tahapan pembelajaran model pembelajaran problem based instruction, yaitu:

1. Orientasi siswa pada masalah

Tahap pertama, yaitu orientasi siswa pada masalah. Guru menyajikan masalah yang autentik dan relevan dengan kehidupan nyata siswa, dan memotivasi siswa untuk tertarik dan ingin menyelesaikannya.

2. Mengorganisasi siswa untuk belajar

Tahap kedua, yaitu mengorganisasi siswa untuk belajar. Guru membentuk kelompok-kelompok belajar yang heterogen dan kooperatif, dan memberikan instruksi-instruksi yang jelas tentang tugas dan tujuan pembelajaran.

3. Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok 

Tahap ketiga, yaitu membimbing penyelidikan individual maupun kelompok. Guru membantu siswa untuk mengidentifikasi apa yang mereka sudah tahu dan apa yang mereka perlu tahu tentang masalah, dan mengarahkan siswa untuk mencari informasi dari berbagai sumber yang valid dan bermutu.

4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Tahap keempat, yaitu mengembangkan dan menyajikan hasil karya. Guru membantu siswa untuk menyusun dan menyajikan hasil penyelesaian masalah secara kreatif dan komunikatif, baik secara lisan maupun tertulis.

5. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Tahap kelima, yaitu menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Guru membantu siswa untuk merefleksikan proses dan hasil pembelajaran mereka, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan menilai pencapaian kompetensi siswa.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved